STRATEGI PEMBELAJARAN BILINGUAL DALAM MENGEMBANGKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI (Studi Kasus di TK Fawwaz Global Islamic School Yogyakarta)

Anis Kumala Fasha, NIM.: 21204032021 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN BILINGUAL DALAM MENGEMBANGKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI (Studi Kasus di TK Fawwaz Global Islamic School Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN BILINGUAL DALAM MENGEMBANGKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI (Studi Kasus di TK Fawwaz Global Islamic School Yogyakarta))
21204032021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN BILINGUAL DALAM MENGEMBANGKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI (Studi Kasus di TK Fawwaz Global Islamic School Yogyakarta))
21204032021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Hal ini mengingat bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional yang harus dikuasai di era globalisasi. Pelaksanaan pembelajaran bilingual membutuhkan strategi yang tepat yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Penelitian ini dilakukan untuk: 1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk pembelajaran bilingual pada anak usia dini di TK Fawwaz Global Islamic School; 2) Mendeskripsikan strategi pembelajaran bilingual pada anak usia dini di TK Fawwaz Global Islamic School; 3) Menemukan implikasi kemampuan bilingual terhadap perkembangan bahasa anak di TK Fawwaz Global Islamic School. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer diperoleh dari kepala sekolah, guru, dan anak didik. Sumber data sekunder diperoleh melalui foto atau gambar, catatan atau laporan historis yang didokumentasikan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Teknis analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk pembelajaran bilingual di TK Fawwaz Global Islamic School berupa; pembelajaran klasikal di kelas, English for children (EFC), Out learning centre (OLC). 2) Strategi pembelajaran bilingual pada anak usia dini di TK Fawwaz Global Islamic School ialah dengan melakukan pendekatan secara individual kepada anak. a). Materi: berdasarkan tema program bulanan. b). Metode: fun learning; pembiasaan; bernyanyi; tanya jawab. c). Media: konkrit; LKA; buku bacaan; Flash card; video. d). Evaluasi: catatan anekdot; hasil karya; ceklis; raport. 3) Implikasi kemampuan bilingual anak; a) memahami instruksi dalam dua bahasa; b) mengetahui kosakata dalam dua bahasa; c) berkomunikasi secara lisan dengan menggunakan dua bahasa; d) mengulang kalimat menggunakan dua bahasa; e) memahami aturan dalam permainan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Suyadi, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bilingual; language immersion; perkembangan bahasa; anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Feb 2024 14:42
Last Modified: 28 Feb 2024 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64109

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum