PENGUATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PENYUSUNAN KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN (KOSP) SEBAGAI PERSIAPAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI TAMAN KANAK-KANAK (Case Study: TK Wijaya Danu Yogyakarta)

Nadia Farah Amalia, NIM.: 21204032022 (2023) PENGUATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PENYUSUNAN KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN (KOSP) SEBAGAI PERSIAPAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI TAMAN KANAK-KANAK (Case Study: TK Wijaya Danu Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGUATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PENYUSUNAN KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN (KOSP) SEBAGAI PERSIAPAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI TAMAN KANAK-KANAK (Case Study: TK Wijaya Danu Yogyakarta))
21204032022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGUATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PENYUSUNAN KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN (KOSP) SEBAGAI PERSIAPAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI TAMAN KANAK-KANAK (Case Study: TK Wijaya Danu Yogyakarta))
21204032022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurikulum yang berubah untuk direvisi menjadi lebih lengkap sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Guru yang professional mampu mengembangkan kurikulum operasional satuan pendidikan berbasis kurikulum merdeka serta dapat memainkan peran penting dalam segala kegiatan. TK Wijaya Danu memiliki beberapa upaya yang dilakukan oleh guru dalam pengembangan kompetensi profesionalisme dan menyusun kurikulum operasional satuan pendidikan berbasis kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP) melalui kompetensi professional guru, strategi peningkatan kompetensi professional guru dalam penyusunan KOSP sebagai persiapan implementasi kurikulum merdeka, dan implikasi KOSP terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer diperoleh dari kepala sekolah dan guru. Sumber data sekunder diperoleh melalui foto atau gambar, catatan atau laporan historis yang didokumentasikan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi professional guru dalam penyusunan kosp berbasis kurikulum merdeka diantaranya pemahaman guru terhadap implementasi kurikulum merdeka, kualifikasi pendidikan guru, pemanfaatan teknologi. Strategi meningkatkan kompetensi professional dalam penyusunan kosp melalui Kelompok Kerja Guru (KKG), Komunitas Belajar (Kombel) dalam sekolah, Workshop, Webinar/Seminar, Study Tiru. Implikasinya terhadap peningkatan kualitas pembelajaran adalah, terdapat acuan dalam melaksanakan metode dan model pembelajaran, terdapat capaian pembelajaran atau tujuan pembelajaran sehingga pelaksanaan penilaian dapat terukur secara jelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Suyadi, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: KOSP; kompetensi professional guru; kurikulum merdeka.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Feb 2024 15:29
Last Modified: 28 Feb 2024 15:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64110

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum