PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARA N IPS SD BERBASIS LEVIDIO ANIMATOON UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR

Dita Elha RimahDani, NIM.: 21204081027 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARA N IPS SD BERBASIS LEVIDIO ANIMATOON UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARA N IPS SD BERBASIS LEVIDIO ANIMATOON UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR)
21204032022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARA N IPS SD BERBASIS LEVIDIO ANIMATOON UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR)
21204032022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Semakin majunya teknologi di era super smart society 5.0, berdampak penggunaan teknologi diberbagai bidang termasuk bidang pendidikan. Sedangkan pendidikan berkaitan erat dengan pembelajaran. Oleh karena itu, proses pembelajaran seharusnya mengikuti perkembangan zaman. Penggunaan media digital sebagai sumber sangat dibutuhkan. Salah satu produk inovasi media pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan siswa yaitu aplikasi animasi levidio animatoon. Tujuan penelitian mengetahui pengembangan media IPS SD Berbasis Levidio Animatoon dalam meningkatkan minat dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian Research and Development menggunakan ADDIE, adapun tahapan berikut: (1) Analisis (Analysis) menganalisis proses pembelajaran model IPS. (2) Perancangan (Design) konsep video meteri IPS menggunakan software animatoon. (3) Pengembangan (Development), pengembangan produk yang diuji ahli media dan ahli materi serta respon peserta didik. (4) Implementasi (Implemantion), penerapkan media untuk pengukuran minat dan hasil belajar. (5) Evaluasi (Evaluation) hasil keseluruhan dari penerapan, media yang meningkatkan minat dan hasil belajar. ` Hasil penelitian berikut: Pertama, pengembangan media IPS SD Berbasis Levidio Animatoon sebesar 95,6% meningkatkan minat dan hasil belajar. Kedua, media pembelajaran IPS SD berbasis Levidio Animatoon layak digunakan. Hal ini dibuktikan dari uji hipotesis paired sample t-test dengan hasil pada minat dan hasil belajar diperoleh Sig. (2 x tailed) sebesar 0,001<0,05. Ketiga, media pembelajaran IPS SD berbasis Levidio Animatoon efektif. Hal ini dibuktikan dari hasil perbandingan nilai rata-rata minat belajar pretest 55,55 dan posttest 59,10. Hasil belajar diperoleh nilai pretest 53,25 dan posttest 81,30. Hasil tersebut dapat disimpulkan minat belajar dan hasil belajar menunjukkan perbedaan yang meningkat signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Erni Munastiwi, MM.
Uncontrolled Keywords: pengembangan media; video animation; hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Feb 2024 15:30
Last Modified: 28 Feb 2024 15:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64111

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum