IMPLEMENTASI MODUL AJAR DAN ASESMEN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS I DAN IV SD NEGERI BABARSARI YOGYAKARTA

Kharisma Romadhon, NIM.: 21204082005 (2023) IMPLEMENTASI MODUL AJAR DAN ASESMEN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS I DAN IV SD NEGERI BABARSARI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODUL AJAR DAN ASESMEN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS I DAN IV SD NEGERI BABARSARI YOGYAKARTA)
21204082005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODUL AJAR DAN ASESMEN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS I DAN IV SD NEGERI BABARSARI YOGYAKARTA)
21204082005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sistem pembelajaran dalam kurikulum merdeka terutama pada modul ajar dan asesmen pembelajaran masih memerlukan proses penyesuaian dan adaptasi baik untuk pendidik maupun peserta didik. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk: 1) mendeskripsikan langkah-langkah persiapan guru dalam menyusun modul ajar dan asesmen pembelajaran, 2) mendeskripsikan proses penyesuaian modul ajar dan asesmen pembelajaran terhadap proses pembelajaran dan karakteristik peserta didik, 3) mendeskripsikan penerapan modul ajar dan asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian meliputi waka kurikulum, guru kelas I, dan guru kelas IV, serta analisis dokumen yaitu modul ajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, serta kesimpulan/verifikasi data. Hasil dari penelitian ini: 1) Penyusunan modul ajar tidak disusun secara mandiri, melainkan diambil dari sumber-sumber internet kemudian dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan guru maupun siswa. Kemudian, penyusunan asesmen mencakup penggabungan atau perhitungan nilai harian dan nilai ujian akhir untuk menentukan nilai akhir siswa. 2) Tahap penyesuaian terdiri dari penyesuaian dalam pembelajaran, dan penyesuaian terhadap karakteristik peserta didik. Penyesuaian dalam pembelajaran guru harus beradaptasi agar tahu lebih banyak tentang modul dan asesmen serta mengikuti komunitas KKG. Kemudian penyesuaian terhadap karakteristik peserta didik guru bertindak sebagai fasilitator dan juga bertindak sebagai pemandu yang dapat membantu siswa untuk mengembangkan pemahaman mereka sendiri. 3) Tahap penerapan, modul ajar terbagi menjadi 2 yaitu penerapan di kelas rendah (kelas I) dan kelas tinggi (kelas IV). Dari kedua kelas tersebut penerapan dalam pembelajaran sudah sesuai dengan modul ajar dan terlaksana dengan baik, jelas dan sistematis serta siswa mampu menangkap materi pelajaran dengan baik. Kemudian dalam penerapan asesmen pembelajaran terbagi menjadi dua bagian yaitu asesmen formatif dan asesmen sumatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Imam Machali, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: merdeka belajar; asesmen pembelajaran; kurikulum merdeka
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Feb 2024 15:34
Last Modified: 28 Feb 2024 15:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64112

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum