STRATEGI OPTIMALISASI PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDU (PPI) UNTUK MENUNJANG PERKEMBANGAN PSIKIS ANAK ATTENTION DEFICIT/HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SD BUDI MULIA DUA PANDEANSARI

Irfan, NIM.: 21204082006 (2023) STRATEGI OPTIMALISASI PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDU (PPI) UNTUK MENUNJANG PERKEMBANGAN PSIKIS ANAK ATTENTION DEFICIT/HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SD BUDI MULIA DUA PANDEANSARI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI OPTIMALISASI PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDU (PPI) UNTUK MENUNJANG PERKEMBANGAN PSIKIS ANAK ATTENTION DEFICIT/HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SD BUDI MULIA DUA PANDEANSARI)
21204082006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI OPTIMALISASI PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDU (PPI) UNTUK MENUNJANG PERKEMBANGAN PSIKIS ANAK ATTENTION DEFICIT/HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SD BUDI MULIA DUA PANDEANSARI)
21204082006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Anak-anak dengan kebutuhan khusus termasuk anak-anak yang mengalami ADHD, mendapat kewenangan yang setara untuk menerima layanan pendidikan. Sebagaimana dimaksud di dalam pendidikan inklusi yang berupaya untuk menyodorkan pelayanan kepada anak ADHD tersebut, maka disusunlah atau dilaksanakan program pembelajaran individu (PPI) yang telah diregulasikan melalui undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional dan Permendiknas nomor 70 tahun 2009. Hal ini menarik untuk diteliti untuk melihat sejauh mana program pembelajaran individu (PPI) ini memiliki pengaruh terhadap perkembangan pskis. Riset ini bermaksud untuk; 1) mendeskripsikan tentang implementasi program pembelajaran individu (PPI); 2) mengetahui keunggulan dan kelemahan program pembelajaran individu (PPI) untuk menunjang perkembangan psikis anak ADHD; 3) merancang dan menemukan strategi optimalisasi program pembelajaran individu (PPI) dalam menunjang perkembangan psikis anak ADHD di SD Budi Mulia Dua Pandeansari. Metode riset ini memakai penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini ialah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Kelas, Koordinator Inklusi, Fasilitator Inklusi, Tenaga Kependidikan (Tendik) dan Anak ADHD dari kelas 1 s/d 4 di SD Budi Mulia Dua Pandeansari yang terdiri dari 6 Siswa ADHD. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian yang ditemukan ialah; 1) Implementasi program pembelajaran individu (PPI) terdiri atas lima bagian yaitu Pertama, perencanaan yang terdiri atas dua tahapan yaitu: pembentukkan tim dan melakukan asssment. Kedua, pengorganisasian yang terdiri atas dua yaitu pengorganisasian secara menyeluruh dan pengorganisasian di dalam ruang lingkup kelas. Ketiga, Pelaksanaan yang terbagi menjadi tiga klasifikasi yaitu Penyajian, praktik dan pengawasan serta praktik secara mandiri. Keempat, evaluasi yang terdiri atas dua klasifikasi yaitu: evaluasi hasil dan evaluasi proses. Kelima, tindak lanjut yang terbagi menjadi dua yaitu: Perbaikan/remedial dan pengayaan; 2) Keunggulan program pembelajaran individu dalam memfasilitasi perkembangan psikis anak ADHD yaitu: Pertama, memiliki kurikulum yang unggul sebagai hasil kombinasi antara kurikulum dinas pendidikan dan kurikulum Cambrigde menjadi kurikulum Budi Mulia. Kedua, adanya kerjasama yang intensif antara orang tua dengan tenaga psikolog. Ketiga, lingkungan sekolah yang mendukung untuk penerapan program pembelajaran individu (PPI). Sedangkan kelemahannya ialah Pertama, lemahnya upaya orang tua untuk melakukan penguatan pembelajaran di rumah. Kedua, mood anak yang berubah-ubah dan fokus yang condong pendek; 3) Strategi dalam optimalisasi program pembelajaran individu (PPI) untuk memfasilitasi perkembangan psikis anak ADHD yaitu: Strategi pull out, strategi penegasan dan instruksi, strategi kemandirian, strategi pengulangan dan pembiasaan, serta strategi visualisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Shaleh, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Program Pembelajaran Individu (PPI); perkembangan psikis; anak ADHD.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Feb 2024 15:45
Last Modified: 28 Feb 2024 15:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64114

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum