PENGEMBANGAN E- LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA KULIAH IPS DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA

Anelda Ultavia.B., NIM.: 21204082013 (2023) PENGEMBANGAN E- LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA KULIAH IPS DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E- LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA KULIAH IPS DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA)
21204082013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E- LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA KULIAH IPS DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA)
21204082013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Persepsi negatif terhadap Ilmu Pengetahuan Sosial masih sering terjadi. Hal ini terbukti pada mahasiswa di UIN Sunan Kalijaga yang menyatakan bahwa IPS adalah pelajaran yang menjenuhkan sehingga sering hilangnya minat mahasiswa untuk mempelajarinya. Dengan adanya pengembangan e- learning diharapkan mampu menjawab permasalahan tersebut, dengan harapan dapat meningkatkan minat belajar kognitif kognitif mahasiswa. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Analisis digunakan untuk mengetahui permasalahan dan dijadikan sebagai kebutuhan. Desain yaitu melakukan proses perencanaan pengembangan produk. pengembangan, yaitu melakukan validasi oleh para ahli terhadap desain yang telah dikembangkan serta uji coba kelompok kecil danuji coba lapangan guna untuk perbaikan media yang lebih maksimal. Implementasi yaitu uji coba kepada subjek penelitian. Evaluasi yaitu melakukan revisi serta perbaikan terhadap produk. hasil kelayakan diperoleh nilai rata- rata dengan katagori “sangat layak”. Hal tersebut diperkuat dengan uji efektivitas yaitu meningkatnya minat dan hasil belajarmahasiswa, sehingga media e- learning efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: media e- learning berbasis web; pembelajaran digital; hasil belajar; model ADDIE.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Feb 2024 15:50
Last Modified: 28 Feb 2024 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64117

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum