PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KONSTRUKTIVISME (PBLK) UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU, MANDIRI DAN HASIL BELAJAR IPA

Afifah Rizki, NIM.: 21204082019 (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KONSTRUKTIVISME (PBLK) UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU, MANDIRI DAN HASIL BELAJAR IPA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KONSTRUKTIVISME (PBLK) UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU, MANDIRI DAN HASIL BELAJAR IPA)
21204082019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KONSTRUKTIVISME (PBLK) UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU, MANDIRI DAN HASIL BELAJAR IPA)
21204082019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Masalah dalam peneitian ini masih terdapat beberapa siswa yang rendah dalam karakter rasa ingin tahu, mandiri dan hasil belajar IPA. Berdasarkan hasil analisis yang peneliti peroleh, rendahnya karakter rasa ingin tahu, mandiri dan hasil belajar IPA didasari oleh model pembelajaran yang digunakan masih belum optimal dalam memfasilitasi siswa untuk mengembangkan rasa ingin tahu, mandiri dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk, 1) mendiskripisikan langkah-langkah pengembangan model pembelajaran PBLK dalam meningkatkan karakter rasa ingin tahu, mandiri dan hasil belajar IPA, 2) mengetahui kelayakan model pembelajaran PBLK dalam meningkatkan karakter rasa ingin tahu, mandiri dan hasil belajar IPA, 3) mengetahui apakah model pembelajaran PBLK mampu meningkatkan karakter rasa ingin tahu, mandiri dan hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu, analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Giriloyo 2 dan MI Al-Islam Giwangan sebanyak 50 responden. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif menggunakan model Miles Huberman yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan analisis kuantitatif menggunakan uji paired sample t test dan uji N-Gain score berbantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) model pembelajaran PBLK dikembangkan dengan menggunakan pengembangan model ADDIE yaitu, analysis, design, development, implementation, dan evaluation 2) Model pembelajaran PBLK dinilai layak digunakan sebagai salah satu model pembelajaran IPA berdasarkan penilaian ahli model, ahli pendidikan, ahli pembelajaran IPA, respon guru, dan respon siswa 3) Model pembelajaran PBLK yang dikembangkan peneliti, efektif meningkatkan karakter rasa ingin tahu, mandiri dan hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; konstruktivisme; rasa ingin tahu; mandiri belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Feb 2024 15:54
Last Modified: 28 Feb 2024 15:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64119

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum