PENGARUH KESEJAHTERAAN SEKOLAH (SCHOOL WELL BEING) TERHADAP KEBERHASILAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR KOTA YOGYAKARTA

Gismina Tri Rahmayati, NIM.: 21204082026 (2023) PENGARUH KESEJAHTERAAN SEKOLAH (SCHOOL WELL BEING) TERHADAP KEBERHASILAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR KOTA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KESEJAHTERAAN SEKOLAH (SCHOOL WELL BEING) TERHADAP KEBERHASILAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR KOTA YOGYAKARTA)
21204082026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KESEJAHTERAAN SEKOLAH (SCHOOL WELL BEING) TERHADAP KEBERHASILAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR KOTA YOGYAKARTA)
21204082026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil penelitian awal ternyata masih ditemukan kesenjangan kesejahteraan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di sekolahnya. Beberapa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri di lingkungan sekolah, sebagaian fasilitas media pembelajaran yang belum terpenuhi, hingga kurangnya perhatian yang didapatkan oleh mereka. Dengan demikian, keterjaminan kesejahteraan sekolah (school well being) menjadi salah satu jaminan penting dalam menciptakan keberhasilan pendidikan inklusi di sekolah tersebut. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di sekolah inklusi berhak untuk mendapatkan pendidikan yang sama rata dan adil dengan peserta didik lainnya. Oleh sebab itu, penelitian ini akan menguji serta menganalisis pengaruh kesejahteraan sekolah (school well being) terhadap keberhasilan pendidikan inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui gambaran kesejahteraan (school well being) dalam pendidikan inklusi di sekolah dasar Kota Yogyakarta. (2) untuk mengetahui pengaruh kesejahteraan sekolah (school well being) terhadap keberhasilan pendidikan inklusi di sekolah dasar Kota Yogyakarta. (3) untuk mengetahui besaran pengaruh kesejahteraan sekolah (school well being) terhadap keberhasilan pendidikan inklusi di sekolah dasar Kota Yogyakarat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah peserta didik dengan kategori Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SD Intis dan SD Negeri Giwangan dengan gejala yang ringan maupun sedang berjumlah 78 responden yang terdiri dari 40 peserta didik laki-laki dan 38 peserta didik perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, (1) gambaran kesejahteraan sekolah (school well being) dalam pendidikan inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan keempat aspek being, having, loving dan healty cukup terpenuhi didukung dengan beberapa fasilitas yang ada dan interaksi sosial yang baik. (2) terdapat pengaruh antara kesejahteraan sekolah (school well being) terhadap keberhasilan pendidikan inklusi di sekolah dasar Kota Yogyakarta dibuktikan dengan hasil uji parsial (t) yaitu Sig. 0,000 < 0,005. Sehingga variabel kesejahteraan sekolah (school well being) berpengaruh positif terhadap keberhasilan pendidikan inklusi. (3) besaran pengaruh variabel kesejahteraan sekolah (school well being) terhadap variabel keberhasilan pendidikan inklusi di sekolah dasar Kota Yogyakarta dibuktikan dengan hasil uji koefisean determinasi sebesar 50% dan 50% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Drs. Ichsan M.Pd.
Uncontrolled Keywords: ABK; kesejahteraan sekolah (school well being); keberhasilan pendidikan inklusi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Feb 2024 08:41
Last Modified: 29 Feb 2024 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64121

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum