PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN AUTENTIK UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN MENYIMAK DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Mutmainna.B, NIM.: 21204082029 (2023) PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN AUTENTIK UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN MENYIMAK DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN AUTENTIK UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN MENYIMAK DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR)
21204082029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN AUTENTIK UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN MENYIMAK DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR)
21204082029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya format penilaian yang digunakan guru dalam menilai hasil belajar peserta didik pada rana psikomotorik (keterampilan). Terdapat beberapa guru yang masih menggunakan penilaian pola lama. Penilaian hasil belajar kognitif hanya diukur melalui tes tertulis sedangkan sikap dan keterampilan tidak dinilai.Tujuan penelitian ini yaitu untuk 1) Mengembangkan produk model penilaian autentik untuk mengukur keterampilan menyimak dan keterampilan komunikasi peserta didik pada pembelajaran bahasa Indosesia di kelas IV Sekolah dasar. (2) Untuk memperoleh kelayakan model penilaian autentik yang digunakan untuk mengukur ke-terampilan menyimak dan keterampilan komunikasi peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indosesia kelas IV Sekolah Dasar. (3) Untuk mengetahui efektifitas model penilaian autentik yang digunakan untuk mengukur keterampilan menyimak dan keterampilan komunikasi peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu, analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Lokasi penelitian di SD Muhammadiyah Bayen, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV dengan jumlah sampel 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan data hasil penilaian ahli desain, ahli bahasa, penilaian respon guru, dan hasil penilaian keterampilan menyimak dan keterampilan komunikasi peserta didik dengan menggunakan analisis kuantitatif deskriptif.berdasarkan kategori hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Menghasilkan model penilaian autentik keterampilan menyimak dan keterampilan komunikasi yang dikembangkan dengan model ADDIE. 2) Pengembangan model penilaian autentik keterampilan menyimak dan keterampilan komunikasi peserta didik ini dinilai sangat layak untuk digunakan. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh ahli desain, ahli bahasa, dan respon guru 3) Model penilaian autentik keterampilan menyimak dan keterampilan komunikasi peserta didik efktif digunakan untuk mengukur keterampilan menyimak dan keterampilan komunikasi peserta didik pada pembel\ajaran Bahasa Indonesia DI kelas IV.sekol\ah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: penilaian autentik; keterampilan menyimak; komunikasi; ADDIE.
Subjects: Pendidikan > Instrumen Penilaian
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Feb 2024 08:45
Last Modified: 29 Feb 2024 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64122

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum