KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL, USIA, MASA KERJA, DAN STATUS KEPEGAWAIAN TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KOTA YOGYAKARTA

Difa Maulidya, NIM.: 21204082040 (2023) KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL, USIA, MASA KERJA, DAN STATUS KEPEGAWAIAN TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KOTA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL, USIA, MASA KERJA, DAN STATUS KEPEGAWAIAN TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KOTA YOGYAKARTA)
21204082040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL, USIA, MASA KERJA, DAN STATUS KEPEGAWAIAN TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KOTA YOGYAKARTA)
21204082040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam era digitalisasi yang cepat, peningkatan kompetensi profesional guru menjadi krusial agar siswa siap menghadapi globalisasi dan revolusi industri. Namun, ada kesenjangan kompetensi di antara guru-guru, terutama terkait literasi digital, keterampilan pedagogik, dan adaptasi terhadap teknologi. Guru-guru muda cenderung lebih terampil dalam literasi digital dan menggunakan teknologi dalam pembelajaran, sementara guru yang lebih tua kurang mahir. Status kepegawaian juga memengaruhi, dengan mayoritas guru non-PNS. Akibatnya, terjadi ketidakseimbangan dalam strategi pembelajaran, di mana beberapa guru masih menggunakan metode tradisional sementara yang lain lebih terbuka terhadap inovasi teknologi. Diperlukan langkah-langkah untuk meningkatkan kompetensi guru secara merata agar mereka dapat efektif membimbing siswa dalam menghadapi perkembangan zaman. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kemampuan literasi digital, usia, masa kerja, dan status kepegawaian terhadap peningkatan kompetensi profesional guru madrasah ibtidaiyah se-kota Yogyakarta baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode non-eksperimental dengan jenis penelitian korelasional yang melihat keterkaitan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh guru Madrasah Ibtidaiyah se-kota Yogyakarta yang berjumlah 70 guru. Adapun sampel penelitian ini ialah seluruh populasi sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis analisis regresi linier ganda. Penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel kemampuan literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kompetensi profesional guru madrasah ibtidaiyah se-kota Yogyakarta. Variabel usia tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kompetensi profesional guru madrasah ibtidaiyah se-kota Yogyakarta. Variabel masa kerja tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kompetensi profesional guru madrasah ibtidaiyah se-kota Yogyakarta. Variabel status kepegawaian tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kompetensi profesional guru madrasah ibtidaiyah se-kota Yogyakarta. Kemampuan literasi digital, usia, masa kerja, dan status kepegawaian secara silmutan atau bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kompetensi profesional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Istiningsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: literasi digital; masa kerja; kompetensi guru; status kepegawaian
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Feb 2024 08:47
Last Modified: 29 Feb 2024 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64123

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum