MANAJEMEN STRATEGIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN DI SMP VIP AL HUDA KEBUMEN

Iqbal Fawaidul Muhsinin, NIM.: 21204092013 (2023) MANAJEMEN STRATEGIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN DI SMP VIP AL HUDA KEBUMEN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN STRATEGIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN DI SMP VIP AL HUDA KEBUMEN)
21204092013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN STRATEGIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN DI SMP VIP AL HUDA KEBUMEN)
21204092013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen strategi kepala sekolah sangat diperlukan dalam proses pengembangan lembaga pendidikan guna menghasilkan kualitas pendidikan yang bermutu. Penelitian tesis ini dilakukan pada lembaga pendidikan SMP VIP Al Huda Kebumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui bagaimana manajemen strategi yang dilakukan dalam proses pengembangan lembaga pendidikan di SMP VIP Al Huda Kebumen. 2) Untuk mengetahui program apa saja yang dilakukan oleh lembaga dalam rangka pengembangan lembaga pendidikan di SMP VIP Al Huda Kebumen. 3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses pengembangan lembaga pendidikan di SMP VIP Al Huda Kebumen. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, menunjukan bahwa :1) Manajemen strategi kepala sekolah yang digunakan dalam pengembangan lembaga adalah mengintegrasikan kurikulum sekolah dan pesantren supaya menghasilkan lulusan yang unggul, memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang dimiliki sekolah, serta meningkatkan pelayanan disekolah ataupun dipesantren supaya tetap mendapat kepercayaan di masyarakat, sehingga sekolah akan tetap menjadi pilihan masyarakat. 2) Sekolah telah melakukan beberapa program pengembangan diantaranya adalah pengembangan pada standar nasional pendidikan, pengembangan kurikulum, pengembangan ekstrakurikuler dan program pengembangan kelas unggulan VVIP. 3) Kemudian faktor pendukung dan penghambat dalam proses pengembangan lembaga pendidikan diantaranya adalah kekompakan semua warga sekolah, integrasi yang baik antara sekolah dan pesantren, sumber daya manusia yang baik, tupoksi yang jelas, kepercayaan masyarakat dan alumni. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kedisiplinan guru dan peserta didik yang masih kurang dan waktu kegiatan ekstrakurikuler yang terbatas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sedya Santosa, S.S, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kepala sekolah; pengembangan lembaga; sekolah berbasis pesantren
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Feb 2024 09:08
Last Modified: 29 Feb 2024 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64130

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum