METODE BERCERITA DAN PROYEK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI TK ISLAM TARBIYATUL ATHFAL AL-FURQON NITIKAN BARU YOGYAKARTA

Lisa Purwandari, NIM.: 04410730-03 (2010) METODE BERCERITA DAN PROYEK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI TK ISLAM TARBIYATUL ATHFAL AL-FURQON NITIKAN BARU YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE BERCERITA DAN PROYEK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI TK ISLAM TARBIYATUL ATHFAL AL-FURQON NITIKAN BARU YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE BERCERITA DAN PROYEK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI TK ISLAM TARBIYATUL ATHFAL AL-FURQON NITIKAN BARU YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Metode Bercerita dan Proyek dalam Pembelajaran PAI di TK Islam Tarbiyatul Athfal Al-Furqon Nitikan Baru Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang penerapan metode bercerita dan proyek dalam pembelajaran PAI, kendala dalam penerapan metode bercerita dan proyek serta upaya mengatasi kendala tersebut dengan fokus penelitian di TK Islam Tarbiyatul Athfal Al-Furqon Nitikan Baru Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar TK Islam Tarbiyatul Athfal Al-Furqon Nitikan Baru. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis databyang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan kata-kata untuk menjelaskan fenomena yang diamati atau data yang diperoleh dan kemudian memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, kemudian dari makna tersebut diambil kesimpulan. Pemeriksaan kebsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data dengan dua modus yaitu, triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode bercerita dalam pembelajaran PAI dilaksanakan dengan beberapa teknik, yaitu bercerita dengan menggunakan buku cerita, bercerita dengan ilustrasi gambar, dan bercerita dengan teknik mendongeng. Kemudian penerapan metode proyek dalam pembelajaran PAI dilaksanakan dengan peralatan yang cukup memadai walaupun ada beberapa peralatan yang belum dimiliki. Penerapan metode bercerita dan proyek terbagi dalam dua tahap. Pertama, guru mempersiapkan media untuk bercerita dan mempersiapkan peralatan yang digunakan untuk metode proyek. Kedua, pelaksanaan berjalan dengan cukup baik karena guru dapat menyampaikan materi dengan baik kepada anak didik kemudian diadakan praktek langsung. Anak didik dapat memperhatikan cerita dan mengikuti kegiatan proyek dengan senang hati. (2) Kendala penerapan metode bercerita dan proyek dalam pembelajaran PAI antara lain, anak yang suka membuat gaduh, anak yang berprilaku khusus, perbedaan pengalaman dan pengetahuan guru, anak yang kelelahan, guru yang sakit, tempat yang kurang mendukung, fasilitas yang kurang mendukung dan biaya yang minim (3) Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kendala penerapan metode bercerita dan proyek dalam pembelajaran PAI antara lain, menerapkan peraturan, membrikan reward dan punishment, diskusi dengan orang tua anak, diskusi antar guru, membuat sendiri media dengan kreatifitas guru, dan pelaksanaan kegiatan bergabung dengan TK lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Pembelajaran PAI, Metode Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Feb 2024 11:18
Last Modified: 28 Feb 2024 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64131

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum