PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL QURAN SISWA KELAS III SD NEGERI SAMIRONO CATUR TUNGGAL DEPOK SLEMAN

Boge Sabaruddin, NIM.: 08410241-E (2010) PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL QURAN SISWA KELAS III SD NEGERI SAMIRONO CATUR TUNGGAL DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL QURAN SISWA KELAS III SD NEGERI SAMIRONO CATUR TUNGGAL DEPOK SLEMAN)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (37MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL QURAN SISWA KELAS III SD NEGERI SAMIRONO CATUR TUNGGAL DEPOK SLEMAN)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peran Orang Tua dan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al-Quran Siswa Kelas III SD Negeri Samirono Depok Sleman. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2009. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa anak yang telah dibimbing membaca Al-Qur`an selama satu tahun, seminggu masuk dua kali, satu kali pertemuan 70 menit, menggunakan metode Iqra` idealnya sudah mampu membaca Al-Qur`an dengan lancar dan fasih. Kenyatannya belum, data yang penulis peroleh dari tahun2004/2005 sampai 2007/2008 siswa ada yang baru mampu membaca Iqra` jilid 2, jilid 3, jilid 4 sampai jilid 6 maupun Al-Qur`an. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang motivasi belajar. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana peranserta orang tua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur`an siswa kelas III SD Negeri Samirono Depok Sleman .Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa besar peran orang tua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur`an siswa kelas III SD Negeri Samirono Depok Sleman. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Samirono tahun ajaran 2008/2009 sebanyak 51 siswa, orang tua murid 51 orang, dan guru wali kelas 2 orang, guru Pendidikan Agama Islam 1 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar membaca Al-Quran siswa kelas III SD Negeri Samirono Depok Sleman lebih dominan dari luar yaitu karena diwajibkan oleh sekolah dan diprintah orang tua. (2) Upaya orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Quran siswa kelas III sebesar 87 %. (3) Upaya guru wali kelas dan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Quran siswa kelas III cukup tinggi yaitu 94,6 %. (4) Siswa kelas III SD Negeri Samirono Depok Sleman tahun ajaran 2008/2009 yang mampu membaca Al-Quran sebanyak 56,9 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Membaca Al-Quran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Feb 2024 11:25
Last Modified: 28 Feb 2024 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64134

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum