MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KELAS II DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN METODE BERMAIN PERAN (SOSIODRAMA) DI MI AL IMAN TEMPEL SLEMAN PENELITIAN (TINDAKAN KELAS)

Endah Sri Sulistyowati, NIM.: 07480004-E (2010) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KELAS II DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN METODE BERMAIN PERAN (SOSIODRAMA) DI MI AL IMAN TEMPEL SLEMAN PENELITIAN (TINDAKAN KELAS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KELAS II DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN METODE BERMAIN PERAN (SOSIODRAMA) DI MI AL IMAN TEMPEL SLEMAN PENELITIAN (TINDAKAN KELAS))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KELAS II DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN METODE BERMAIN PERAN (SOSIODRAMA) DI MI AL IMAN TEMPEL SLEMAN PENELITIAN (TINDAKAN KELAS))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatkan Prestasi Belajar Kelas II Dalam Pembelajaran IPS Dengan Metode Bermain Peran (Sosiodrama) Di MI Al Iman Tempel Sleman. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2010. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang muncul ketika peneliti yang melakukan pengamatan pada saat pembelajaran, yaitu masih rendahnya prestasi siswa pada pelajaran IPS, Siswa masih menganggap IPS sebagai pelajaran yang cenderung hafal serta masih menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Apakah pembelajaran dengan metode bermain peran dapat menambah minat siswa dalam pembelajaran IPS 2) Bagaimana prestasi siswa setelah pembelajaran dengan metode bermain peran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas II MI AL Iman tahun ajaran 2008/2009 dengan populasi 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, pengamatan, dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pelajaran IPS adalah bermain peran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan materi pokok kedudukan dan peran anggota keluarga sudah sesuai dengan rencana yang akan dilaksanakan, yaitu pembelajaran dengan metode bermain peran. Hasil tes mengalami peningkatan. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 56 kriteria kurang. Hasil pada siklus II adalah 70 kriteria baik. Prosentase penempelan kartu senyum juga mengalami peningkatan dari 80% menjadi 87%. Pada siklus II nilai rata-rata telah mengalami peningkatan. Hal ini berarti metode bermain peran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II MI AL Iman Bandung Tambakrejo Tempel Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Metode Pembelajaran, Bermain Peran (Sosiodrama)
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Feb 2024 11:29
Last Modified: 28 Feb 2024 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64135

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum