MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MELESTARIKAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL DI PONDOK PESANTREN KALIOPAK YOGYAKARTA

Fina Umu Rif Athi, S.Pd., NIM.: 21204092014 (2023) MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MELESTARIKAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL DI PONDOK PESANTREN KALIOPAK YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MELESTARIKAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL DI PONDOK PESANTREN KALIOPAK YOGYAKARTA)
21204092014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MELESTARIKAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL DI PONDOK PESANTREN KALIOPAK YOGYAKARTA)
21204092014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pesantren yang belum bisa mengelola pendidikannya secara optimal, belum memiliki fokus strategi terarah, dominasi personal terlalu besar, dan pengembangannya cenderung jalan ditempat. Terdapat pesantren yang belum mampu memelihara tradisi kearifan lokal yang telah dibangun oleh pendiri pesantren, baik tradisi keagamaan dan tradisi keilmuan. Oleh karena itu, diperlukan manajemen pendidikan yang efektif dan efisien agar tradisi pesantren yang merupakan budaya kearifan lokal menjadi karakteristik pesantren dapat terpelihara dengan baik. Pesantren merupakan salah satu bagian dari program pendidikan nonformal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pendidikan dalam memelihara tradisi kearifan lokal di pesantren Kaliopak Yogyakarta. Penelitian ini berdasarkan teori manajemen George R. Terry yang menyatakan bahwa fungsi manajemen terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Peneliti mengadakan pengamatan dan mencari data deskriptif berupa katakata tertulis atau lisan dari responden yang diamati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi transendental dengan rancangan multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dalam dua tahap, yaitu analisis data situs tunggal dan analisis data lintas situs. Keabsahan data diuji melalui teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidikan di pondok pesantren Kaliopak Yogyakarta telah menerapkan fungsi manajemennya dengan baik. Hal tersebut nampak dari penyelenggaraan pendidikan pesantren yang melaksanakan proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian pendidikan pesantren secara optimal. Kearifan budaya lokal yang telah dilaksanakan di pondok pesantren Kaliopak adalah Tari Emprak, Bimo Seni dan Dewa Ruci. Dampak dari pendidikan dalam melestarikan budaya kearifan lokal di pondok pesantren Kaliopak Yogyakarta adalah pemahaman dan penghargaan, kemampuan praktik, penyebaran serta pelestarian budaya lokal ke masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: manajemen pendidikan; kearifan budaya lokal; pesantren
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Feb 2024 09:19
Last Modified: 29 Feb 2024 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64136

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum