PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL)

Endah Supriyati, NIM.: 08410228 - E (2010) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan Pembelajaran PAI pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Studi kasus di TKIT Salsabila Al-Muthi’in Maguwo Banguntapan Bantul Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta : jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2010. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa usia lahir sampai dengan memasuki pendidikan dasar merupakan masa keemasan sekaligus masa kritis dalam tahapan kehidupan manusia yang akan menentukan perkermbangan anak selanjutnya. Pembentukan perilaku manusia, sikap dan keyakinan berkaitan erat dengan penanaman nilai-nilai keagamaan pada usia dini, sebenarnya hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab orang tua, sebagaimana Sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yan artinya: “Setiap anak yang baru lahir adalah dalam keadaan suci, maka orang tuanya lah yang akan menjadikan anak itu Yahudi, Nasrani atau Majusi”. Akan tetapi karena kesibukannya, orang tua sekarang banyak yang menyerahkan tugas dan tanggung jawabnya tersebut kepada lembaga pendidikan yang memang menawarkan program keagamaan yang lengkap. Demikian juga dengan TKIT Salsabila Al-Muthi’in, selain menawarkan program keagamaan yang lengkap, banyak orang tua yang tertarik untuk menitipkan putra-putrinya di TK tersebut karena melihat out put/lulusannya yang pintar-pintar sehingga banyak yang diterima di SD favorit, selain itu jam belajar yang cukup lama (full day) juga menjadi daya tarik bgi orang tua yang memang sebagian besar bekerja sampai sore. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI di TKIT Salsabila Al-Muthi’in yang meliputi materi, metode, hasil yang di raih serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran PAI di TK tersebut, sehingga diharapkan hasil penelitian ini dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pemebelajaran PAI di TK tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kancah/lapangan dan termasuk dalam penelitian kualitatif naturalistik yang bersifat deskriptif dengan mengambil latar TKIT Salsabila Al-Muthi’in Maguwo Banguntapan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI dan Guru kelas. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi/kroscek antara sumber dengan sumber dan metode dengan metode. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pembelajaran PAI di TKIT Salsabila Al-Muthi’in bertujuan untuk melahirkan generasi yang sholeh yaitu anak yang terpilih, berkualitas, tulus dalam peribadatan, berbuat sesuai kepatuhan dan unggul. Materi PAI meliputi: hafalan surat-surat pendek, do’a sehari-hari, bacaan sholat dan kisah-kisah nabi (cerita Islami). Metode yang digunakan untuk membentuk perilaku Islami dan peribadatan adalah metode pembiasaan, sedang untuk menanamkan akidah/keyakinan adalah metode bercerita. (2) Dari data yang diperoleh hasil yang dicapai oleh siswa TKIT Salsabila Al-Muthi’in dalam bidang PAI adalah 50% siswa meraih predikat Baik, 47% siswa memperolah predikat Cukup dan 3% siswa meraih predikat Kurang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PAI di TKIT Salsabila Al-Muthi’in berhasil dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan bagi para orang tua yang akan membekali putra-putrinya dengan bekal agama yang cukup memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, PAI, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Feb 2024 11:34
Last Modified: 28 Feb 2024 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64137

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum