KOMPETENSI PROFESIONAL USTADZ DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI TPA AL-IKHLASH SAMIRONO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Hamdan, NIM.: 06420071 (2010) KOMPETENSI PROFESIONAL USTADZ DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI TPA AL-IKHLASH SAMIRONO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PROFESIONAL USTADZ DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI TPA AL-IKHLASH SAMIRONO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PROFESIONAL USTADZ DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI TPA AL-IKHLASH SAMIRONO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi profesional ustadz dalam pembelajaran Bahasa Arab di TPA Al-Ikhlash Samirono Depok Sleman Yogyakarta dan upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dan guru dalam meningkatkan kompetensi profesional ustadz. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar TPA Al- Ikhlash Samirono. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional ustadz adalah melalui; (a) Seleksi calon ustadz/ustadzah yang selektif (b) pelatihan (Workshop, Seminar dan Pelatihan) dan sebagainya. Sedangkan upaya yang dilakukan ustadz dalam meningkatkan kompetensi profesional ustadz adalah melalui: (a) banyak membaca buku yang berkaitan dengan mata pelajaran bahasa arab (b) mengikuti pelatihan dan sebagainya. 2) Metode yang sering digunakan dalam pembelajaran bidang studi bahasa Arab adalah metode ceramah, Metode diskusi, metode demonstrasi, metode tanya jawab, metode latihan, dan metode imla’ (dikte). 3) Media yang digunakan oleh ustadz Bahasa Arab adalah papan tulis, buku pegangan, gambar, dan spidol. 4) Evaluasi meliputi ujian harian, penugasan ujian akhir dan sebagainya. Sepengetahuan peneliti ustadz Bahasa Arab di TPA Al-Ikhlash Samirono cukup profesional dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radjasa Mu’tasim, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Kompetensi Guru, Profesional Ustadz
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Feb 2024 11:47
Last Modified: 28 Feb 2024 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64140

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum