PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN BUKU ‘AROBIYYATUNA DI KELAS XA MAN YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2009/2010

Hazir Ika Silvia M, NIM.: 06420043 (2010) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN BUKU ‘AROBIYYATUNA DI KELAS XA MAN YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN BUKU ‘AROBIYYATUNA DI KELAS XA MAN YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN BUKU ‘AROBIYYATUNA DI KELAS XA MAN YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Textbook pelajaran bahasa Arab adalah suatu kebutuhan yang mutlak diperlukan dalam proses belajar mengajar bahasa Arab, sebab textbook yang baik merupakan salah satu faktor yang tidak bisa diabaikan dalam mengantarkan keberhasilan pengajaran bahasa Arab tersebut. Kenyataan kurangnya kemahiran berbahasa baik menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam proses belajar mengajar bahasa Arab di Indonesia ini, salah satu penyebabnya adalah minim nya textbook yang baik. Namun textbook yang baik juga harus ditunjang dengan metode yang sesuai dalam mengajarkannya, akan terjadi sinergi positif antara kedua nya dan akan menjadikan pembelajaran bahasa Arab yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara metode pembelajaran bahasa Arab di kelas XA MAN Yogykarta III Tahun Ajaran 2009/2010 dengan buku yang digunakan yakni buku ‘Arobiyyatuna yang disusun oleh Mucharom, M. SI dan Hasanudin, MA. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku ‘Arobiyyatuna ini sebagai textbook mata pelajaran bahasa Arab untuk kelas X Madrasah Aliyah. Terdapat banyak buku yang menerangkan tentang metode pembelajaran bahasa Arab dan textbook pelajaran bahasa Arab. Namun karena keterbatasan peneliti, untuk textbook pelajaran bahasa Arab fokus penelitian ini adalah berdasarkan buku Pengajaran Bahasa Asing yang ditulis oleh Dr. Mulyanto Sumardi dan buku Metodologi Pengajaran Bahasa Arab; Analisis Text Book Bahasa Arab, karya Drs. Syamsuddin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang berupa penelitian lapangan (field research), menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Tehnik analisis data dilakukan dengan menyesuaikan antara metode pembelajaran bahasa Arab dengan di kelas dengan buku yang digunakan, serta buku tersebut juga di analisa kelayakan nya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru bahasa Arab menggunakan Eclectic Method (Metode Campuran) dalam mengajarkan buku ‘Arobiyyatuna tersebut. Dan buku ‘Arobiyyatuna ini sudah layak untuk digunakan sebagai textbook mata pelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Asrori Saud, M. SI
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Buku ‘Arabiyyatuna, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Feb 2024 11:52
Last Modified: 28 Feb 2024 11:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64141

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum