PENGEMBANGAN MODUL INSYA’ DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MAHARAH KITABAH DI SMA AL ANWAR SARANG REMBANG

Aim Matun Nihayati, NIM.: 21204022001 (2023) PENGEMBANGAN MODUL INSYA’ DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MAHARAH KITABAH DI SMA AL ANWAR SARANG REMBANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL INSYA<’ DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MAHA<RAH KITA<BAH DI SMA AL ANWAR SARANG REMBANG)
21204022001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL INSYA<’ DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MAHA<RAH KITA<BAH DI SMA AL ANWAR SARANG REMBANG)
21204022001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Problematika maharah kitabah disebabkan dari kurangnya penguasaan mufradat atau kosa kata, qowa’id, keterbatasan dan penuangan ide atau gagasan dan perasaan dalam bentuk tulisan, serta penggunaan strategi pembelajaran yang terkesan monoton. Kesulitan dalam maharah kitabah juga muncul karena penyajian bahan ajar yang tidak disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Inovasi pengembangan modul dengan video pembelajaran menjadi upaya yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengembangan modul insya’ serta mengetahui efektivitas dalam pembelajaran insya’ di kelas XI MIPA SMA Al Anwar Sarang Rembang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan rumus presentase, rumus nilai rata-rata. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengmbangan Modul insya’ dengan video pembelajaran untuk maharah kitabah di SMA Al Anwar Sarang Rembang meliputi lima tahap: Analysis, yakni menganalisis permasalahan pembelajaran serta kebutuhan pengembangan modul yang hasilnya menunjukkan bahwa peserta didik membutuhkan bahan ajar yang menarik dan tidak membosankan. Design, yakni merancang modul insya’ berdasarkan hasil analisis. Development, yakni membuat modul insya’ yang sesuai dengan rancangan dan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi dari ahli media adalah desain penjilidan yang diganti menjadi spiral dan kontras warna pada huruf. Hasil validasi ahli materi yakni transliterasi dihapus karena sedikit kegunaan dalam modul insya’, penambahan hamzah pada judul modul, kesalahan terhadap tulisan dan harokat. Implementation, yakni penerapan modul insya’ kepada peserta didik kelas XI MIPA. Evaluation, yakni penilaian terhadap hasil penerapan modul insya’, penilaian terhadap respon peserta didik sebesar 83% dengan kategori “Sangat Baik”, hasil rata-rata pretest sebesar 42,91 sedangkan hasil posttest sebesar 65,73 dengan kriteria “Kurang” akan tetapi terdapat peningkatan sebesar 22,92 dan perolehan rata-rata posttest sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal. (2) Hasil efektivitas modul insya’, pada uji normalitas data dengan menggunakan rumus Kolmogorof Smirnov mendapatkan nilai sig 0,20>0,05 maka nilai pretest dan posttest berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh hasil sig 0,815 >0,05maka dinyatakan homogen. Pada uji paired sample t-test diperoleh hasil signifikansi Sig (2-tailed) 0,000< 0,05 dengan kesimpulan pengembangan modul insya’ dengan video pembelajaran untuk maharah kitabah efektif digunakan di SMA Al Anwar Sarang Rembang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rohmatun Lukluk Isnaini, S.Pd.I, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran; Bahasa Arab; Maharah Kitabah.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Feb 2024 09:30
Last Modified: 29 Feb 2024 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64143

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum