PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DI SMK MA’ARIF I KEBUMEN

Hikmah Agus Sulasih, NIM.: 06470079 (2010) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DI SMK MA’ARIF I KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DI SMK MA’ARIF I KEBUMEN)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DI SMK MA’ARIF I KEBUMEN)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian skripsi ini berjudul “Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer dalam Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMK Ma’arif I Kebumen”. Sejalan dengan tantangan kehidupan global, pendidikan merupakan hal yang sangat penting karena pendidikan salah satu penentu mutu sumber daya manusia. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa dimana saat ini keunggulan suatu bangsa tidak lagi ditandai dengan melimpahnya kekayaan alam, melainkan pada keunggulan SDM. Dari permasalahan ini pentingnya peran kepala sekolah dalam melakukan peran dan fungsinya sebagai manjer yang profesional dan membawa perubahan dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran kepala sekolah dalam pelaksanaan RSBI di SMK Ma’arif I Kebumen serta pengelolaan faktor pendukung dan mengatasi faktor penghambat pelaksaan RSBI di SMK Ma’arif I Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Alasan pemilihan judul ini adalah karena peneliti bermaksud untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi sekarang. Dengan teknik pengumpulan data dilapangan metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara (interview), dokumentasi dan analisis data serta trianggulasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian atau sumber data adalah kepala sekolah, guru, karyawan, kepala tata usaha serta siswa SMK Ma’arif I Kebumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam RSBI memiliki tugas diantaranya: a) Perencanaan, b) Pengorganisasian, c) Pengarahan, d) Pengkoordinasian, e) Pengkomunikasian, dan f) Pengawasan/ Pengevaluasian. (2) Pengelolaan faktor pendukung dan memngatasi faktor penghambat dalam pelaksaan RSBI di SMK Ma’arif I Kebumen. Faktor pendukung adalah: Pertama jaringan kelembagaan cukup luas, kedua, kultur budaya lokal yang mengakar, ketiga, kesamaan arah perjuangan antar personal. Usaha yang dilakukan yaitu dengan komunikasi dengan ormas NU, dan Menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah Tingkat II, Tingkat I maupun pemerintah pusat melalui Dinas Pendidikan dan Ditjen Pendidikan SekolahMenengah Kejuruan. Faktor Penghambat yaitu: pertama, belum semua tenaga pendidik memahami kurikulum KTSP yang berbasis Information Technology (IT), kedua, disiplin waktu masih perlu ditingkatkan, ketiga, sebagian besar tenaga pendidik belum dapat berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Usaha yang dilakukan dengan diklat KTSP setiap tahun pelajaran baru, kontrol kedisiplinan, diklat pembelajaran, serta pengadaan/ pengupayaan dana baik dari pemerintah atau orang tua/wali siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H Muhammad Anis, MA
Uncontrolled Keywords: Manajer, Kepala Sekolah, Pelaksanaan RSBI
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Feb 2024 13:22
Last Modified: 28 Feb 2024 13:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64145

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum