PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK (STUDI KASUS DI PLAY GROUP AISYIYAH SAPEN YOGYAKARTA)

Hikmatul Izzah, NIM.: 06470029 (2010) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK (STUDI KASUS DI PLAY GROUP AISYIYAH SAPEN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK (STUDI KASUS DI PLAY GROUP AISYIYAH SAPEN YOGYAKARTA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK (STUDI KASUS DI PLAY GROUP AISYIYAH SAPEN YOGYAKARTA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang bagaimana upaya guru di Play Group Aisyiyah Sapen Yogyakarta dalam membentuk kreativitas anak. Selain itu juga untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam mengembangkan kreativitas anak lewat kelima sentra yang ada di Play Group tersebut. Terlepas dari peran guru yang sangat penting di sekolah, orang tua juga sangat berpengaruh dalam mengembangkan kreativitas seorang anak. Dengan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi solusi bagi orang tua dan guru dalam membentuk kreativitas anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di Play Group Aisyiyah Sapen Yogyakarta. Dalam penelitian ini, yang menjadi subyek penelitian adalah kepala Play Group beserta guru yang mengajar di Play Group tersebut. Kreativitas dipandang sangat perlu khususnya pada anak usia dini, dan guru merupakan faktor penting yang ada di dalamnya. Inti dari penelitian ini adalah guru sangat berperan dalam menunjang kreativitas yang dimiliki oleh seorang anak, dan cara mengembangkan kreativitas anak tersebut dilakukan dengan cara bermain permainan tradisional (teklek,dll.) dan juga dengan cara bergerak mengikuti lantunan lagu. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak dapat terlihat dalam cara guru mengajar, yaitu melalui rancangan materi dan metode yang didasari kreativitas guru sehingga dapat melatih anak untuk mengetahui berbagai kebutuhan dan kewajibannya. Selain itu juga guru memberikan contoh perilaku kreatifitas dalam kehidupan sehari-hari, memberikan arahan, latihan dan bimbingan kepada anak, bekerjasama antar sesama guru serta selalu berkomunikasi dengan orang tua. (2) Upaya guru dalam mengembangkan kreativitas lewat kelima sentra tersebut terlihat ketika anak sudah bisa melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan kreatif dalam kehidupan sehari-hari. Faktor lingkungan, guru dan orang tua juga dapat berpengaruh terhadap kreativitas seorang anak. Sehingga antara lingkungan, guru dan orang tua harus bekerjasama dalam membangun kreativitas anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Anak, Guru, Kependidikan Islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Feb 2024 13:30
Last Modified: 28 Feb 2024 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64146

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum