STUDI TENTANG PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KTSP DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) TEMPEL

Ida Laely Yatin, NIM.: 03420261 (2010) STUDI TENTANG PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KTSP DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) TEMPEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI TENTANG PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KTSP DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) TEMPEL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI TENTANG PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KTSP DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) TEMPEL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Bahasa Arab berbasis KTSP di MIN Tempel dan faktor-faktor pendukung serta penghambat perencanaan pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil lokasi di MIN Tempel Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dengan metode induktif dan deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dibuat oleh guru Bahasa Arab setiap awal semester untuk beberapa kali pertemuan. Perencanaan yang dibuat oleh guru meliputi perencanaan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang meliputi analisis kompetensi dasar, analisis alokasi waktu, program tahunan, program semesteran, dan catatan harian. Silabus dan RPP disusun sesuai dengan model KTSP dari kantor Departemen Agama dengan komponen-komponen yang meliputi: identitas, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi pokok, sumber belajar dan alokasi waktu. Faktor pendukung perencanaan pembelajaran Bahasa Arab berbasis KTSP ini adalah adanya dukungan yang penuh dari kepala sekolah dan orang tua, tersedianya fasilitas pembelajaran yang memadai, dan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran. Adapun faktor penghambatnya adalah latar belakang pendidikan guru Bahasa Arab yang berbeda dengan pelajaran yang diampu, kurang tersedianya waktu yang cukup untuk guru Bahasa Arab dalam membuat perencanaan pembelajaran disebabkan banyaknya jatah jam mengajar yang dibebankan, dan tidak adanya guru Bahasa Arab lain di MIN Tempel sehingga guru tidak memiliki perbandingan dan tidak mendapatkan masukan dalam pembuatan perencanaan pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs.H. Adzfar Ammar M.A
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Perencanaan Pembelajaran, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Feb 2024 13:40
Last Modified: 28 Feb 2024 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64147

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum