PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DENGAN METODE CERITA DI TK ABA PERUMNAS CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Irni Nur Fadhilah, NIM.: 03410105 (2010) PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DENGAN METODE CERITA DI TK ABA PERUMNAS CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DENGAN METODE CERITA DI TK ABA PERUMNAS CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DENGAN METODE CERITA DI TK ABA PERUMNAS CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembentukan karakter seseorang perlu dilakukan sejak usia dini. Untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan suatu metode yang tepat bagi anak. Sebagaimana diketahui bersama bahwa metode cerita merupakan salah satu metode yang sangat disukai oleh anakanak. Namun dalam perkembanganya sekarang ini banyak diantara para pendidik yang kurang memiliki kemampuan untuk bercerita sehingga metode cerita kurang mendapat perhatian dan kurang diminati. Padahal setiap cerita memiliki kekuatan dalam membentuk karakter seorang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses pembelajaran dengan menggunakan metode cerita dan bagaimana pengaruh cerita terhadap terbentuknya karakter anak di TK ABA Perumnas Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil TK ABA Perumnas Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta sebagai lokasi penelitian. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi melalui dua modus yaitu menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan kegiatan bercerita di TK ABA Perumnas Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta dilakukan guru di awal kegiatan. Adapun teknik yang guru gunakan diantaranya membacakan langsung dari buku cerita, menggunakan ilustrasi gambar dan dramatisasi cerita. Selanjutnya dalam pelaksanaan kegiatan bercerita, guru tidak menemui banyak kendala karena adanya perjanjian yang telah dibuat oleh guru sebelum mulai bercerita. (2). Hasil pembelajaran dengan metode cerita di TK ABA Perumnas Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta telah membentuk beberapa karakter pada anak, diantaranya ialah a). Karakter cinta kepada Allah. b). Karakter tanggungjawab, c). Karakter jujur, d). Karakter hormat dan santun, e). Karakter kepedulian, dan f). Karakter toleransi, Semua karakter tersebut dapat ditunjukkan oleh anak-anak dalam perilakunya sehari-hari di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Cerita, Metode Pembelajaran, Karakter Anak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Feb 2024 13:48
Last Modified: 28 Feb 2024 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64149

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum