KOMPETENSI GURU KELAS DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK ‘AISYIYAH SURYOCONDRO PANEMBAHAN, KRATON, YOGYAKARTA

Partini, NIM.: 08410236-E (2010) KOMPETENSI GURU KELAS DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK ‘AISYIYAH SURYOCONDRO PANEMBAHAN, KRATON, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI GURU KELAS DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK ‘AISYIYAH SURYOCONDRO PANEMBAHAN, KRATON, YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI GURU KELAS DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK ‘AISYIYAH SURYOCONDRO PANEMBAHAN, KRATON, YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa guru kelas di Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah memiliki tugas ganda yaitu sebagai guru kelas sekaligus guru pendidikan agama Islam. Namun yang dijumpai sebagian besar guru Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Suryocondro berlatar belakang Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak, bukan Pendidikan Guru Agama Islam. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peranan guru kelas dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam, bagaimanakah kompetensi guru kelas, faktor penghambat dan faktor pendukung, serta hasil yang dicapai oleh guru kelas dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi guru kelas dan hasil yang dicapai oleh guru kelas dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam di Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Suryocondro Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang TK ‘Aisyiyah Suryocondro Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan Trianggulasi dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peranan guru kelas sangat besar dalam menanamkan nilai aqidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak melalui pembiasaan berperilaku Islami, (2) Kompetensi guru yang sangat mendukung dalam menanamkan nilai aqidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi personal/kepribadian, (3) Hasil yang dicapai oleh guru kelas dalam menanamkan nilai aqidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak mencapai angka Daya Serap 96,26 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Guru Kelas, Pendidikan Agama Islam, Kompetensi Guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Feb 2024 13:51
Last Modified: 28 Feb 2024 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64150

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum