PENANAMAN RANAH AFEKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

Miftakhu Kusnul Yakin, NIM.: 03410190 (2010) PENANAMAN RANAH AFEKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN RANAH AFEKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN RANAH AFEKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi guru PAI di SMP Negeri 4 Yogyakarta yang melihat siswa saat pembelajaran dengan metode yang biasa cenderung terlihat bosan, malas, dan tidak antusias mengikuti pembelajaran. Dengan kata lain, siswa terlihat tidak aktif dan hanya pasif dalam mengikuti pembelajaran PAI. Kenyataan inilah yang mendorong ibu Nur Imanah, guru PAI di SMP Negeri 4 Yogyakarta, untuk membuat inovasi pembelajaran agar siswa lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran PAI. Guru PAI menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), yang diharapkan mampu menjadi alternatif model pembelajaran yang bisa menjangkau tidak hanya ranah kognitif siswa, tetapi juga ranah afektif siswa. Dengan demikian Pendidikan Agama Islam bisa menjadi pedoman hidup yang tercermin dalam pengamalan keagamaan siswa sehari-hari. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses penanaman ranah afektif melalui model pembelajaran “Cooperative Learning” tipe STAD dalam pelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 4 Yogyakarta? (2) Bagaimana hasil penanaman ranah afektif dari pembelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran “Cooperative Learning” tipe STAD di kelas VIII SMP Negeri 4 Yogyakarta? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penanaman ranah afektif melalui model pembelajaran “Cooperative Learning” tipe STAD dan hasil penanaman ranah afektif pembelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 4 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan skala sikap. Analisis data dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, lalu ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi data, yaitu menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses penanaman ranah afektif melalui model pembelajaran “Cooperative Learning” tipe STAD dalam pelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 4 Yogyakarta dilakukan melalui 3 tahap, yaitu: penetapan tujuan pembelajaran, perencanaan pembelajaran, dan pelaksanaan penanaman ranah afektif dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD. Sedangkan unsur-unsur utama pelaksanaan STAD yang dipraktekkan guru PAI, yaitu: presentasi kelas, pembentukan tim, penataan ruang kelas, presentasi tim, dan penghargaan kelompok. (2) Hasil penanaman ranah afektif dari pembelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran “Cooperative Learning” tipe STAD secara umum telah terlihat baik, mulai dari tingkat penerimaan, partisipasi, penilaian, organisasi, sampai tingkat pembentukan pola. Penilaian ranah afektif tingkat penerimaan, partisipasi, dan penilaian diarahkan pada sikap siswa terhadap pelajaran PAI dan model pembelajaran yang digunakan guru PAI. Sedangkan penilaian ranah afektif tingkat organisasi dan pembentukan pola diarahkan pada seberapa besar materi telah tertanam pada diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penanaman Ranah Afektif, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Cooperative Learning, STAD
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Feb 2024 14:02
Last Modified: 28 Feb 2024 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64151

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum