PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF LOSARI SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Mahmudah, NIM.: 08410233 E (2010) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF LOSARI SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF LOSARI SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF LOSARI SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya anak lulusan Madrasah Ibtidaiyah sudah bisa membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar. Namun kenyataannya hanya beberapa siswa yang dapat menulis dan membaca Al-Qur’an secara lancar belum mencapai bacaan yang baik dan benar, oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang problematika pembelajaran baca tulis Al-Qur’an yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pembelajaran baca tulis Al-Qur’an, Apa saja problematika pembelajaran baca tulis Al-Qur’an , Bagaimana cara mengatasi problematika terebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran baca tulis Al-Qur’an siswa kelas V, untuk mengetahui problematika pembelajaran baca tulis Al-Qur’an untuk mengetahui cara mengatasi problematika yang dihadapi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Losari Salam Magelang Tahun Pelajaran 2009/2010 sebanyak 20 siswa. Jenis penelitian ini kualitatif, dengan pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket dengan analisa data, analisa statistik dan analisa non statistik Bentuk analisa statistik yang penulis gunakan statistik deskriptif dengan menggunakan prosentase terhadap hasil angket dari siswa, sedangkan analisa non statistik penulis gunakan untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Losari Salam Magelang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V dengan lancar dan benar sesuai makhroj dan tajwidnya. Dari tujuan tersebut baru beberapa siswa yang mencapai hasil tujuan yang diharapkan karena adanya beberapa problem yang dihadapi yaitu (1) Faktor guru yang sering tidak membuat Rencana Persiapan Mengajar (RPP), kurangnya motivasi guru ke siswa, kurangnya tenaga guru pengampu baca tulis Al- Qur’an, (2) Faktor siswa minat belajar sebagian siswa yang masih rendah, kurangnya dorongan dari sebagian orang tua, lingkungan dan pergaulan siswa tidak mendukung belajar siswa lebih kondusif (3) Faktor sekolah, sarana pembelajaran baca tulis Al- Qur’an yang sangat terbatas. (4) Faktor waktu, waktu yang tersedia kurang memadai untuk mencapai tujuan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Upaya mengatasi problematika pembelajaran baca tulis Al-Qur’an siswa kelas V Madrasan Ibtidaiyah Ma’arif Losari Salam Magelang yang ditempuh oleh pihak sekolah diantaranya berusaha untuk melengkapi sarana dan prasarana yang mendukung untuk kegiatan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dan mengadakan pertemuan antara pihak sekolah, orang tua siswa, dan tokoh masyarakat untuk membahas problem dalam kegiatan baca tulis Al-Qur’an dan upaya pemecahannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mahmud Arif, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Baca Tulis, Pembelajaran Al-Qur’an, PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Feb 2024 14:06
Last Modified: 28 Feb 2024 14:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64152

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum