MENINGKATKAN MINAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE BERMAIN DI KELAS I MI AL IMAN BANDUNG TAMBAKREJO TEMPEL SLEMAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Murtini, NIM.: 07480005-E (2010) MENINGKATKAN MINAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE BERMAIN DI KELAS I MI AL IMAN BANDUNG TAMBAKREJO TEMPEL SLEMAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN MINAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE BERMAIN DI KELAS I MI AL IMAN BANDUNG TAMBAKREJO TEMPEL SLEMAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN MINAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE BERMAIN DI KELAS I MI AL IMAN BANDUNG TAMBAKREJO TEMPEL SLEMAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang muncul ketika peneliti yang juga guru kelas melakukan pengamatan pada saat pembelajaran, yaitu masih rendahnya minat siswa saat pelajaran Matematika, Siswa masih menganggap Matematika sebagai pelajaran yang membosankan serta masih menggunakan metode berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) minat siswa dalam pembelajaran Matematika dengan metode bermain 2) Prestasi siswa setelah pembelajaran dengan metode bermain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas I MI AL Iman tahun ajaran 2008/2009 dengan populasi 11 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, catatan harian, wawancara, angket, dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pelajaran Matematika adlah bermain yaitu bungkus kado dan bermain booling atau lempar bola. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Minat siswa dalam pembelajaran Matematika dengan metode bermain berada pada kategori baik. 2) Prestasi atau nilai yang dicapai siswa setelah penerapan metode bermain mengalami peningkatan dan nilai rata-rata kelas melebihi 70. Hal ini berarti dengan penggunaan metode bermain dapat menambah minat dan prestasi siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas I MI Al Iman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Endang Sulistiowati
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Metode Bermain, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Feb 2024 14:47
Last Modified: 28 Feb 2024 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64155

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum