UPAYA GURU FIQIH DALAM PENGEMBANGAN RANAH AFEKTIF PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MTS NEGERI GONDOWULUNG BANTUL)

Nur Asofiyah, NIM.: 06410142 (2010) UPAYA GURU FIQIH DALAM PENGEMBANGAN RANAH AFEKTIF PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MTS NEGERI GONDOWULUNG BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU FIQIH DALAM PENGEMBANGAN RANAH AFEKTIF PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MTS NEGERI GONDOWULUNG BANTUL))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU FIQIH DALAM PENGEMBANGAN RANAH AFEKTIF PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MTS NEGERI GONDOWULUNG BANTUL))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah Pelajaran Fiqih merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sebagai salah satu pemberi nilai spiritual terhadap kesejahteraan masyarakat. Namun demikian ditemukan kenyataan bahwa pembelajaran Fiqih yang terjadi selama ini dianggap kurang memberikan kontribusi kearah itu. Setelah ditelusuri adanya permasalahan bahwa masih adanya pembelajaran Fiqih yang masih terfokus pada ranah kognitif dan psikomotorik sedangkan ranah afektif kurang mendapatkan perhatian sehingga ditemukan permasalahan-permasalahan yang menyangkut ranah afektif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang upaya guru Fiqih dalam pengembangan ranah afektif peserta didik di MTs Negeri Gondowulung Bantul serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengembangan ranah afektif peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi perbaikan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya guru Fiqih dalam pengembangan ranah afektif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang MTs Negeri Gondowulung Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara bebas terpimpin, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru Fiqih dalam pengembangan ranah afektif peserta didik di MTs Negeri Gondowulung antara lain: upaya guru Fiqih dalam pengembangan ranah afektif dalam pembelajaran Fiqih di kelas melalui persiapan/ perencanaan pembelajaran, pelaksanaan (proses pembelajaran), dan evaluasi pembelajaran. Persiapan/ perencanaan pembelajaran mencakup RPP yang dibuat oleh guru. Dalam pelaksanaan pembelajaran mencakup materi pelajaran Fiqih, teknik pembelajaran, pendekatan pembelajaran dan metode pembelajaran. Dalam evaluasi pembelajaran, guru menilai siswa berdasarkan penilaian sikap dan penilaian tugas. Sedangkan upaya guru Fiqih dalam pengembangan ranah afektif di sekolah antara lain: menjadi teladan bagi peserta didik, peserta didik dibiasakan 5 S, membiasakan menunaikan 5 kewajiban orang muslim terhadap muslim yang lainnya, mengembangkan kompetensi keguruan. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pengembangan ranah afektif peserta didik yaitu faktor pendukung antara lain: pembagian jumlah peserta didik per kelas yang cukup efektif, peserta didik yang masih dalam bimbingan dan perkembangan, adanya dukungan dan kerjasama dari semua pihak. Faktor penghambat dalam pengembangan ranah afektif peserta didik antara lain: penilaian afektif yang lebih sulit untuk diukur, peserta didik yang heterogen, alokasi waktu dan tenaga pengajar yang terbatas, input peserta didik yang masih rendah, sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radino, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fiqih, Strategi Guru, Pengembangan Ranah Afektif
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Feb 2024 15:18
Last Modified: 28 Feb 2024 15:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64157

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum