UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM SISWA KELAS VII MTs NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

Nur Fuad Budiyanto, NIM.: 06420004 (2010) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM SISWA KELAS VII MTs NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MAHA<RAH AL-KALA<M SISWA KELAS VII MTs NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MAHA<RAH AL-KALA<M SISWA KELAS VII MTs NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keadaan siswa MTs Negeri yang sebagian besar latar belakang pendidikannya berasal dari Sekolah Dasar. Di Sekolah Dasar tidak diajarkan Bahasa Arab, sehingga hal ini menuntut kreatifitas guru dalam pembelajaran. Selain itu, asumsi siswa bahwa Bahasa Arab susah dipelajari menuntut guru untuk berusaha agar Bahasa Arab menjadi pelajaran yang menarik dan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran maharah al-kalam, upaya apa saja yang dilakukan guru dalaam meningkatkan maharah al-kalam siswa MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta, serta bagaimana hasil yang diperoleh dari upaya tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu metode yang menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terperinci. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek yang diteliti adalah guru pengampu pelajaran Bahasa Arab dan Siswa MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran maharah al-kalam di kelas VII MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul terdiri dari tiga bagian : kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir/penutup (2) Guru melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan maharah al-kalam, yaitu: pengorganisasian materi, menciptakan berbagai media pembelajaran, menggalakkan tabungan kosa kata kepada siswa (3) Upaya yang dilakukan guru mendapatkan hasil yang cukup bagus dengan bukti nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 69,88.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: R. Umi Baroroh, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Maharah Al-Kalamaharah Al-Kalam, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Feb 2024 08:21
Last Modified: 29 Feb 2024 08:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64160

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum