PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERGURUAN SENI BELADIRI INDONESIA TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH PIMPINAN DAERAH 1 KOTA YOGYAKARTA

Ibnu Mubarok, NIM.: 03410186 (2010) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERGURUAN SENI BELADIRI INDONESIA TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH PIMPINAN DAERAH 1 KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERGURUAN SENI BELADIRI INDONESIA TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH PIMPINAN DAERAH 1 KOTA YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERGURUAN SENI BELADIRI INDONESIA TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH PIMPINAN DAERAH 1 KOTA YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya peran pencak silat dalam Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Di sisi lain, Perguruan TAPAK SUCI telah memiliki kelengkapan organisasi, metode pembinaan, kurikulum pendidikan, dan program kerja yang teratur. Sehingga diharapkan mampu memberikan konteribusi positif terhadap pencapaian tujuan pendidikan Nasional. Namun kenyataanya kurikulum yang ada belum dilaksanakan secara maksimal. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pelaksanaan Pendidikan Agama Islam. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah: Apa tujuan Pendidikan Agama Islam, Bagaimana pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dan apa faktor penghambat pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam Perguruan TAPAK SUCI PIMDA 1 Kota Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis terhadap tujuan, pelaksanaan serta faktor-faktor yang menjadi penghambat pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam Perguruan TAPAK SUCI PIMDA 1 Kota Yogyakarta. Hasil penelitian diharapkan dapat dipergunakan untuk memperbaiki dan memaksimalkan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam Perguruan TAPAK SUCI PIMDA 1 Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Perguruan TAPAK SUCI PIMDA 1 Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan, lalu ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tujuan Pendidikan Agama Islam dalam TAPAK SUCI adalah menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman anggota tentang Agama Islam sehingga menjadi manusia yang beriman, bertaqwa serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (2) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam Perguruan TAPAK SUCI PIMDA 1 Kota Yogyakarta didasarkan atas ciri khas kurikulum yang lebih menitik beratkan pencapaian target kompetensi (attainment targets) dari pada penguasaan materi. melalui internalisasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam melalui berbagai bentuk kegiatan latihan. (3) faktor yang menjadi penghambat pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam Perguruan TAPAK SUCI PIMDA 1 Kota Yogyakarta diantaranya dari pihak pelatih kurang berkompeten, belum memahami dan melaksanakan kurikulum yang ada, tidak seimbangnya antara jumlah cabang dan pelatih. Siswa memiliki kompleksitas tinggi, kurang berminat dengan materi Pendidikan Agama Islam. Dari segi materi, terlalu tinggi dan terlalu banyak cakupan materinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Tapak Suci, Seni Bela Diri
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Feb 2024 08:31
Last Modified: 29 Feb 2024 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64161

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum