LANDASAN NORMATIF PENDIDIKAN INKLUSI DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Presti Murni Setiat, NIM.: 06470013 (2010) LANDASAN NORMATIF PENDIDIKAN INKLUSI DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LANDASAN NORMATIF PENDIDIKAN INKLUSI DALAM PERSPEKTIF ISLAM)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (LANDASAN NORMATIF PENDIDIKAN INKLUSI DALAM PERSPEKTIF ISLAM)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (911kB) | Request a copy

Abstract

Idealisme pendidikan untuk semua telah memunculkan faham pendidikan inklusi, yaitu sebuah system pendidikan dimana kurikulum yang ada menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Perjuangan mewujudkan pendidikan untuk semua telah tertuang dalam beberapa landasan konvensional baik nasional maupun internasional, dan penelitian-penelitian tentang pendidikan inklusi pun telah banyak dilakukan, namun penelitian tentang pendidikan inklusi dalam perspektif Islam belum banyak dilakukan. Hal inilah yang mendorong penulis untuk mengkaji lebih dalam tentang muatan pendidikan inklusi dalam Al- Qur’an dan AL-Hadits. Sedangkan kontribusi keilmuan dari penelitian ini adalah bahwa penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber rujukan khususnya dalam merumuskan landasan religious pendidikan inklusi. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian pustaka atau library research dimana sumber data adalah berupa dokumen-dokumen tertulis tentang pendidikan inklusi dalam Islam. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dimana hasil penelitian tidak diuraikan dalam bentuk angka atau gambar yang berhubungan dengan statisktk akan tetapi disajikan dalam bentuk diskriptif atau penjelasan terhadap topik / tema yang berhubungan dengan pendidikan inklusi dalam landasan normatif Islam. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan hermeneutik dimana logika linguistik digunakan dalam menelaah makna pada suatu ayat. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi yaitu pengumpulan dokumen-dokumen tertulis tentang pendidikan inklusi dalam Islam. Adapun analisis data dilakukan secara induktif dimana analisis dilakukan dengan cara mengaitkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan pendidikan inklusi. Penelitian ini menghasilkan dua fokus penting yaitu ayat-ayat yang support terhadap pendidikan inklusi dan ayat-ayat kontradiktif terhadap pendidikan inklusi. Ayat-ayat yang berbicara tentang pendidikan inklusi merupakan ayat-ayat yang dijadikan sebagai landasan normatif pendidikan inklusi dalam Islam. Sedangkan ayat-ayat yang kontradiktif terhadap pendidikan inklusi dianalisis sehingga dipahami bagaimana tafsir dari ayat tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muh. Agus Nuryatno MA. PhD
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Inklusi, Kependidikan Islam, Ayat-Ayat Al Qur'an
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Feb 2024 08:48
Last Modified: 29 Feb 2024 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64162

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum