PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA PADA SISWA SMK N I DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Rakhmawati, NIM.: 02411189 (2010) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA PADA SISWA SMK N I DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA PADA SISWA SMK N I DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA PADA SISWA SMK N I DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMKN I Depok Sleman Yogyakarta.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan remaja pada SMK N I Depok Sleman. Untuk mengetahui bentuk bentuk kenakalan ramaja pada siswa di SMKN I Depok Sleman, dan Untuk mengetahui hambatan-hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kenakalan Remaja pada Sisiwa SMKN I Depok Sleman.Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1)Upaya guru PAI dalam menangani kenakalan remaja di SMKN 1 Depok, yaitu menasehati siswa yang tergolong nakal, mengintesifkan bimbingan dan konseling di sekolah, dan penyuluhan kesadaran hukum bagi siswa.2)Bentuk kenakalan remaja di SMKN 1 Depok dapat dikategorikan dalam kenakalan ringan, sedang, dan berat. Kenakalan yang ringan seperti terlambat masuk kelas, tidak tepat dalam mengumpulkan tugas, ribut di kelas dan tidak memperhatikan saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Kenakalan yang sedang contohnya terjadinya keributan antar teman walaupun sebatas adu mulut, jambak-jambakan, dan bolos. Kenakalan yang berat seperti perkelahian antar teman secara fisik berikut pacaran yang melampaui batas sehingga terjadi kehamilan di luar nikah.Tiga faktor yang dapat menjadi penyebab kenakalan remaja di SMKN 1 Depok, yaitu faktor keluarga, pendidikan, dan masyarakat.3)Hambatan hambatan yang terjadi dalam mengatasi kenakalan remaja di SMKN 1 Depok yaitu faktor siswa sendiri, faktor lingkungan, dan pengaruh media masa, teknologi dan informasi yang digunakan tidak sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sarjono M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kenakalan Remaja, Pendidikan Agama Islam, Guru
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Feb 2024 09:08
Last Modified: 29 Feb 2024 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64165

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum