KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD ATHIYAH AL- ABRASYI DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN MORAL DI INDONESIA

Robiah Saidah, NIM.: 06470060 (2010) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD ATHIYAH AL- ABRASYI DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN MORAL DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD ATHIYAH AL- ABRASYI DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN MORAL DI INDONESIA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD ATHIYAH AL- ABRASYI DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN MORAL DI INDONESIA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan diharapkan dapat memberikan bekal moral kepada peserta didiknya. Akan tetapi dari orang yang menyandang status pelajar itu banyak muncul penyelewengan moral. Hal ini salah satunya dikarenakan kurang maksimalnya pemberian pendidikan moral di sekolah. Oleh karena itu, penulis merasa tertarik untuk mendeskripsikan bagaimana pendidikan moral menurut tokoh pendidikan Islam yaitu Muhammad ‘Athiyah Al-Abrasyi beserta kontribusinya bagi pendidikan di Indonesia. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua yaitu bagaimana konsep pendidikan Islam secara umum menurut Muhammad Athiyah al-Abrasyi dan bagaimana konsep pendidikan moral menurut Muhammad Athiyah al-Abrasyi serta kontribusinya dalam pendidikan di Indonesia. Dari rumusan masalah tersebut penulis juga mempunyai tiga tujuan yaitu untuk mengetahui konsep pendidikan Islam secara umum menurut Muhammad Athiyah Al-Abrasyi, untuk mengetahui konsep pendidikan moral menurut Muhammad Athiyah Al-Abrasyi dan kontribusinya dalam pendidikan di Indonesia. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) atau kajian pustaka (Literary Research), dan bersifat historis dan deskriptif-analitis dengan teknik pengumpulan data berupa teknik dokumenter. Sedangkan teknik analisis data berupa teknik content analysis (analisis isi). Hasil penulisan yaitu untuk 1. Konsep Pendidikan Islam menurut Athiyah adalah mempersiapkan peserta didik dalam berbagai potensi yang dimilikinya, mengembangkan ilmu pengetahuan dan pembentukan akhlak yang baik. 2. Konsep moral menurut Athiyah adalah nilai-nilai perilaku manusia yang akan dinilai masyarakat menurut kebaikan atau keburukannya melalui norma agama yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits. Dan kontribusinya bagi pendidikan moral di Indonesia adalah ; a. dalam pembentukan moral yang baik maka fokus dari tujuan pendidikan adalah aspek afeksinya yaitu moral/ akhlak peserta didik. b. materi pendidikan moral diberikan kepada peserta didik sejak pendidikan pemula dan dilanjutkan bertahap pada pendidikan tinggi. Materi diberikan dengan meningkatkan kualitas maupun kuantitas pembelajaran. c. Metode pembentukan moral yang ditawarkan oleh Athiyah sudah banyak dilaksanakan dalam proses pendidikan di Indonesia. Seperti metode nasihat, suri tauladan, pujian dan lain sebagainya. c. pembentukan moral melalui evaluasi adalah dengan memperhatikan akhlak peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan evaluasi untuk pembentukan moral tidak bisa dilakukan dengan cara tertulis saja, seorang guru dituntut untuk memperhatikan dan membenarkan akhlak siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Jamroh Latief, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Pendidikan Moral, Pemikiran Muhammad Athiyah Al-Abrasyi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Feb 2024 09:19
Last Modified: 29 Feb 2024 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64167

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum