PERAN KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PENGURUS OSIS DI MAN YOGYAKARTA I

Rohmadi, NIM.: 03410164 (2010) PERAN KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PENGURUS OSIS DI MAN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PENGURUS OSIS DI MAN YOGYAKARTA I)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PENGURUS OSIS DI MAN YOGYAKARTA I)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prestasi yang dimliki oleh para pengurus OSIS setelah mereka melakukan berbaai kegiatan yang menjadi program kerja mereka. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi pertimbangan bagi pihak sekolah yaitu MAN Yogyakarta I dan terutama para pengurus OSIS selanjutnya agar bisa menjadi lebih baik dan meningkat prestasinya dalam berbagai bidang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar OSIS MAN Yogyakarta I. pengumpulan data yang digunakan dengan mengunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangka analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk keabsahan data dilakukan dengan mengunakan dua teknik triangulasi yaitu triangulasi data yaitu peneliti mengakses sumber-sumber yang lebih bervariasi guna memperoleh data berkenaan dengan persoalan yang sama dan triangulasi metode yang mana di situ menunjuk pada upaya peneliti membandingkan temuan data yang diperoleh dengan mengunakan metode tertentu dengan data yang diperoleh dengan mengunakan metode lain mengenai suatu persoalan dan dari persoalan yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari berbagai kegiatan yang dilakukan oleh pengurus OSIS berpengaruh pada prestasi pengurus itu sendiri diantaranya adalah bertambahnya pengetahuan para siswa dalam berbagai hal baik dalam pengetahuan umum atau agama, membentuk kepribadian yang lebih baik, meningkatkan pengalaman para pengurus dalam berorganisasi dan menambah ketrampilan yang dimiliki. Selain itu juga berpengaruh pada pengembangan berbagai potensi diantaranya pada potensi kognitif yaitu kemampuan para pengurus dalam pengetahuan, pemahaman, penerapan serta kemapuan malakukan analisa terhadap sesuatu, kemudian potensi afektif yaitu terkait pada bagaimana sikap seseorang dalam menilai sesuatu dan potensi psikomotorik yaitu pada bagaimana kemampuan siswa dalam bertindak. Untuk prestasi para pengurus sendiri terlihat bahwa para pengurus OSIS periode 2009 / 2010 ini punya berbagai prestasi yang dirai baikitu tingkat lokal maupun nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: OSIS, Prestasi Siswa, Organisasi Sekolah
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Feb 2024 09:23
Last Modified: 29 Feb 2024 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64168

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum