MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL

Rustiyanti, NIM.: 08410244-E (2010) MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian adalah materi Pendidikan Agama Islam pada perguruan Muhammadiyah dengan sistem full day school. Dengan menggunakan materi tertentu SD Unggulan Aisyiyah Bantul mampu menjadi sekolah pilihan bagi masyarakat yang dipercaya merupakan sekolah unggul. SD Unggulan Aisyiyah Bantul dikenal sebagai sekolah unggulan di Bantul, namun demikian belum pernah meluluskan satu angkatan sekalipun karena baru berdiri pada tahun 2006. SD Unggulan Aisyiyah Bantul sampai tahun pelajaran 2009/2010 baru empat tahun berdiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang menjadikan nilai unggul SD Unggulan Aisyiyah Bantul bukan hanya sekedar slogan namun pada dataran praksis juga bernilai unggul. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan mengambil objek SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Pengumpulan data diambil dengan cara dokumentasi, observasi, serta wawancara. Analisis data dilaksanakan memberikan makna pada data yang berhasil dikumpulkan. Pemaknaan data tersebut kemudian diambil kesimpulan yang merupakan jawaban dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Materi Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di SD Unggulan Aisyiyah Bantul adalah materi yang digunakan pada perguruan Muhammadiyah. Materi PAI terdiri dari al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab. (2) Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Unggulan Aisyiyah Bantul menggunakan metode PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Metode pembelajaran tersebut secara tematik pada kelas 1, 2, dan 3. Selanjutnya pada kelas 4, 5, dan 6 sesuai kurikulum nasional. (3) Pelaksanaan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Unggulan Aisyiyah Bantul secara umum memuat dua aspek. Pertama, kemampuan akademik, pengasahan kemampuan akademik memiliki tujuan agar siswa secara penguasaan materi pelajaran memiliki kemampuan melebihi nilai KKM. Kemampuan akademik mengedepankan pada kecerdasan siswa, sehingga siswa SD Unggulan Aisyiyah Bantul dituntut menjadi siswa yang cerdas. Kedua, kemampuan terapan amaliyah, siswa SD Unggulan Aisyiyah Bantul tidak hanya memiliki kemampuan teoritis saja namun siswa juga memiliki keunggulan pernah mempraktikkan materi pelajaran. Hal ini merupakan kesadaran penyelenggara pendidikan di SD Unggulan Aisyiyah Bantul bahwa membina pendidikan Agama Islam tidak hanya secara akademik keilmuan, tetapi juga kegiatan amal shalih yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Pembelajaran PAI, Metode Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Feb 2024 09:32
Last Modified: 29 Feb 2024 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64170

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum