UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS IV SDLB C NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Siti Budiyati, NIM.: 08410238-E (2010) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS IV SDLB C NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS IV SDLB C NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS IV SDLB C NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa proses belajar mengajar PAI di SDLB Negeri 1 Yogyakarta yang berlangsung selama ini kurang optimal. Hal ini disebabkan karena guru kurang inovatif dan kreatif sehingga pembelajaran PAI yang dilangsungkan cenderung monoton, kurang variatif dan metode yang digunakannya terbatas pada metode ceramah sehingga terkesan membosankan. Dengan pembelajaran PAI yang demikian para siswa tidak termotivasi untuk belajar, melainkan kurang respon. Siswa juga tidak bersemangat sehingga ketika pembelajaran PAI berlangsung para siswa selalu ada saja alasan untuk meninggalkan pelajaran, selalu bergurau dengan teman-temannya bahkan diam dengan berpura-pura sakit. Solusinya dengan melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul Meningkatkan Motivasi Belajar PAI dengan Media Permainan Ular Tangga pada Siswa Kelas IV SDLB Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan mengimplementasikanpembelajaran PAI dengan media permainan ular tangga dan untuk meningkatkan motivasi belajar PAI pada siswa kelas IV SDLB C Negeri 1 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah para siswa kelas IV SDLB C Negeri 1 Yogyakarta yang berjumlah 6 orang. Penelitian dilakukan selama 2 siklus, dengan masing-masing siklus 2 kegiatan. Penelitian dilakukan dengan melalui 4 tahap, yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata pembelajaran PAI dengan media permainan ular tangga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatkan motivasi tersebut tercermin dari semangat belajar para siswa, aktivitas dalam permainan, perasaan senang siswa ketika pembelajaran berlangsung dan para siswa tidak keluar masuk ruangan melainkan tenang dan konsentrasi mengikuti jalannya permainan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, PAI, Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Feb 2024 09:44
Last Modified: 29 Feb 2024 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64172

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum