IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB UNTUK USIA SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS KELAS III SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA 2009/2010)

Siti Nurchanifah, NIM.: 06420034 (2010) IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB UNTUK USIA SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS KELAS III SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA 2009/2010). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB UNTUK USIA SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS KELAS III SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA 2009/2010))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB UNTUK USIA SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS KELAS III SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA 2009/2010))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media gambar dalam pembelajaran kosa kata bahasa arab dan dampak bagi guru dan siswa SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil obyek penelitian di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data dan trianggulasi. Data yang terkumpul dikelompokkan dengan cara memilah dan memilih data yang akan digunakan, kemudian data yang ada diperiksa kembali dengan cara membandingkan data hasil observasi, wawancara, tes dan hasil dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa Implementasi media gambar dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab di kelas III SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, sudah baik ini tercermin dari; 1) Tujuan implementasi media gambar: Dalam penerapan media gambar dapat dilihat dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, siswa dapat menyebutkan, menjodohkan, menjawab pertanyaan, mengerjakan soal-soal, menulis kosa kata bahasa arab, menggabungkan diri dengan siswa lain dan tidak takut bertanya 2) pemanfaatan media gambar: manfaat media gambar dalam pembelajaran kosa kata bahasa arab mempunyai peran penting yaitu guru menjalankan struktur dan urutan pengajaran secara baik, membantu kecermatan, ketelitian dalam penyajian materi pelajaran, dan bagi siswa dapat meningkatkan motivasi siswa, memudahkan siswa untuk belajar, merangsang siswa untuk berfikir, menarik dan mengarahkan perhatian, 3) karakteristik media gambar: media gambar digunakan melukiskan seperti benda aslinya, sederhana, ukuran gambar tidak terlalu besar ataupun kecil. Dampak penerapan media gambar bagi guru memudahkan dalam penyampaian materi, memudahkan mengatur siswa dalam proses pembelajaran, perencanaan dan persiapan mengajar guru menjadi lebih matang, proses pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih maksimal, dampak bagi siswa memperkecil verbalisme, siswa lebih mudah mengingat materi, menambah kosa kata bahasa arab. Hasil data yang diperoleh dapat diketahui bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media gambar dalam penguasaan kosa kata dapat berjalan dengan baik, dilihat dari hasil tes maka diketahui bahwa tingkat kemampuan penguasaan siswa terhadap kosa kata melalui media gambar masuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radjasa Mu'tasim, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kosa Kata, Pendidikan Bahasa Arab, Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Feb 2024 10:00
Last Modified: 29 Feb 2024 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64176

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum