RELEVANSI LOGOTERAPI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VI A SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Sri Rahayu, NIM.: 03410099 (2010) RELEVANSI LOGOTERAPI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VI A SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RELEVANSI LOGOTERAPI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VI A SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (RELEVANSI LOGOTERAPI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VI A SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Viktor E. Frankl yang dikenal sebagai psikiater juga cukup populer dengan pemikirannya mengenai logoterapi. Gagasannya tentang logoterapi berasal dari pengalaman hidup dan perenungannya yang cukup panjang yang sangat dipengaruhi oleh pola didik religius semasa ia kecil hingga dewasa. Logoterapi secara umum dapat digambarkan sebagai corak psikologi yang dilandasi dan wawasan mengenai manusia yang mengakui adanya dimensi kerohanian, disamping dimensi ragawi dan dimensi kejiwaan termasuk dimensi sosial. Logoterapi beranggapan bahwa makna hidup (the meaning of life) dan hasrat untuk hidup bermakna (the will to meaning) merupakan motivasi utama guna meraih taraf kehidupan bermakna (the meaningfull life). SD Muhammadiyah Condongcatur adalah salah satu sekolah dasar swasta percontohan di daerah kabupaten Sleman, bahkan prestasinya baik di bidang akademis maupun keagamaan cukup dikenal di tingkat propinsi Daerah Istimewa Jogjakarta dan di tingkat nasional dengan semboyan kebanggaan ”sekolah para juara”. Di dalam melaksanakan tugasnya SD Muhammadiyah Condongcatur berusaha keras menyiapkan generasi masa depan yang handal dengan menanamkan budi pekerti yang baik dan penanaman moral, akhlak, perilaku, serta kepribadian yang Islami sejak dini dengan motto andalan ”sekolah yang Islami, kreatif dan inovatif”. Implementasi Logoterapi dalam dunia pendidikan, maka tugas seorang pendidik (guru) adalah sebagai fasilitator dan motivator, mengupayakan untuk membantu anak didiknya berubah dalam arahan tertentu, banyak memberikan perhatian pada mendengar dan memahami pandangan dunia anak didik, lebih banyak mengajak anak didik untuk berbincang mengenai apa arti dari setiap pembelajaran, arti belajar dan arti hidup. Dari sana diharapkan bermanfaat untuk mengembangkan segi-segi positif dan mengurangi segi-segi negatif baik yang potensial maupun yang sudah aktual. Selain itu, diharapkan agar anak didik paham pada dirinya sendiri, bisa menyadari keinginan-keinginan dan kebutuhan diri (impian, idealisme, dll) sehingga bisa merumuskan secara lebih jelas hal-hal yang diinginkan untuk masa mendatang dan membuat rencana untuk mencapainya. Setelah dilekukan penelitian lapangan (field research) terdapat beberapa tahapan dalam aplikasi logoterapi yang digunakan sebagai pijakan penerapan dalam pembelajaran agama Islam di kelas VI SD Muhammadiyah Condongcatur. Tahapan- tahapan tersebut adalah sebagai berikut: mengambil jarak atas simtom/gejala (distance from symptoms), modifikasi sikap (modification of attitudes), pengurangan simtom/gejala (reducing symptoms), orientasi terhadap makna (orientation toward meaning).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Muhajir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Logoterapi, PAI, Pemikiran Viktor E. Frankl
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Feb 2024 10:09
Last Modified: 29 Feb 2024 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64178

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum