PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS I MI MA’ARIF SANGON SANGON II KALIREJO KOKAP KULON PROGO

Sukisno, NIM.: 08480041-E (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS I MI MA’ARIF SANGON SANGON II KALIREJO KOKAP KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS I MI MA’ARIF SANGON SANGON II KALIREJO KOKAP KULON PROGO)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS I MI MA’ARIF SANGON SANGON II KALIREJO KOKAP KULON PROGO)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca dengan media kartu kata pada siswa kelas I MI Ma’arif sangon. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan, menentukan metode pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa melalui media kartu kata. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I MI Ma’arif sangon ajaran 2010/2011 sebanyak 8 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan tindakan kelas, analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan prosentase skor dan analisis kualitatif berupa interpretasi data observasi. Tindakan dilaksanakan dengan cara siswa diberikan tindakan berupa pembelajaran dengan media kartu kata melalui kegiatan belajar yang terstruktur. Pengumpulan data diperoleh melalui metode test, observasi, dan dokumentasi yang dilaksanakan mulai bulan April hingga Nopember. Hasil penelitian menunjukkan: (1) dalam penggunaan media kartu kata telah meningkatkan keterampilan membaca, sikap mereka terhadap pelajaran bahasa Indonesia khususnya membaca berada dalam kategori tinggi. (2) Peningkatan keterampilan membaca siswa ditunjukkan oleh indikator yaitu ratarata kelas meningkat dari 61,87 menjadi 87,5. (3) Penggunaan kartu kata menjadikan siswa aktif, kreatif, mendapatkan pengalaman belajar yang menarik dan menyenangkan. Dengan melihat kondisi dan permasalahan yang sama, peneliti menyarankan dalam pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata, guru sebaiknya memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar aktif, kreatif, dan pengalaman belajar yang menyenangkan, guru dapat memberikan kegiatan yang merangsang keinginan siswa dan mengkomunikasikan dalam bentuk kegiatan membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Imam Masarum, S.Pd.M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Evaluasi Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Feb 2024 11:03
Last Modified: 29 Feb 2024 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64181

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum