PERAN GURU PENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN BUDI PEKERTI SISWA PADA SD N VIDYA QASANA YOGYAKARTA.

Tirmidhi, NIM.: 08410227.E (2010) PERAN GURU PENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN BUDI PEKERTI SISWA PADA SD N VIDYA QASANA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN BUDI PEKERTI SISWA PADA SD N VIDYA QASANA YOGYAKARTA.)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN BUDI PEKERTI SISWA PADA SD N VIDYA QASANA YOGYAKARTA.)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang Peran Guru Pengajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Peningkatan Budi Pekerti Siswa pada SD N Vidya Qasana Yogyakarta. Pendidikan agama Islam searah dan sejalan dengan pendidikan Budi Pekerti. Pengertian ini sangat menarik untuk dikaji, karena pembelajaran P.A.I. cenderung ke arah kognitif dan mengabaikan aspek pembinaan kepribadian peserta didik. Sedangkan kebutuhan untuk mencapai tujuan pendidikan budi pekerti harus ditambahkan dalam silabusnya. Dengan demikian pendidikan budi pekerti terprogramkan dengan jelas. Disampaing itu juga tidak kita kesampingkan pelajaran lainnya. Adapun rumusan masalahanya ada empat, yaitu : 1) Bagaimana peran guru pengajar PAI terhadap peningkatan pendidikan budi pekerti siswa SDN Vidya Qasana Yogyakarta, 2) Bagaimana proses pembelajaran PAI di SDN Vidya Qasana Yogyakarta, 3) Bagaimana usaha-usaha guru pengajar PAI dalam meningkatkan pendidikan budi pekerti siswa SDN Vidya Qasana Yogyakarta, dan 4) Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat usaha-usaha guru pengajar PAI dalam meningkatkan budi pekerti SDN Vidya Qasana Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh guru P.A.I. untuk meningkatkan kualitas pembelajaran P.A.I., baik dari aspek kognitif, efektif, dan psikomotorik serta meningkatkan keteladanan bagi perkembangan kepribadian siswanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil subyek penelitian di SD N Vidya Qasana Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode obeservasi, wawancara, dan kuisioner. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan data yangsebelumnya ditampilkan dalam tabel frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran guru pengajar PAI terhadap peningkatan pendidikan budi pekerti siswa SDN Vidya Qasana Yogyakarta sudah cukup baik yang dapat terlihat dari perilaku guru ketika mengajar yang disertai dengan praktek-praktek dan respon baik dari siswa dalam mengikuti pelajaran sehingga pemahaman terhadap budi pekerti semakin baik dan mampu diaplikaskan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. 2) Proses pembelajaran PAI di SDN Vidya Qasana Yogyakarta dalam rangka peningkatan budi pekerti siswa sudah cukup baik dalam hal kedisiplinan guru dan kegiatan diskusi dengan siswa. Akan tetapi dalam pemberian silabus mata pelajaran yang terkait dengan budi pekerti belum bisa dilaksanakan sehingga masih perlu perbaikan lagi. 3) Usaha-usaha guru pengajar PAI dalam meningkatkan pendidikan budi pekerti siswa SDN Vidya Qasana Yogyakarta dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas. 4) perilaku siswa dan kondisi keluarga dan lingkungan masyarakat masih banyak memberikan hambatan dalam usaha peningkatan budi pekerti siswa sedangkan peran tokoh agama dilingkungan masyarakat cukup memberikan dukungan terhadap peningkatan budi pekerti siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Guru, PAI, Budi Pekerti, Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Feb 2024 11:25
Last Modified: 29 Feb 2024 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64182

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum