ANALISIS MATERI BUKU AJAR BAHASA ARAB AL-‘ARABIYYATU LAKA KARANGAN PROF. DR. A. FAHRURROZI, M.A. UNTUK MADRASAH ALIYAH KELAS XII (DITINJAU DARI KONSEP PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL)

Vicki Ulya, NIM.: 06420063 (2010) ANALISIS MATERI BUKU AJAR BAHASA ARAB AL-‘ARABIYYATU LAKA KARANGAN PROF. DR. A. FAHRURROZI, M.A. UNTUK MADRASAH ALIYAH KELAS XII (DITINJAU DARI KONSEP PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MATERI BUKU AJAR BAHASA ARAB AL-‘ARABIYYATU LAKA KARANGAN PROF. DR. A. FAHRURROZI, M.A. UNTUK MADRASAH ALIYAH KELAS XII (DITINJAU DARI KONSEP PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MATERI BUKU AJAR BAHASA ARAB AL-‘ARABIYYATU LAKA KARANGAN PROF. DR. A. FAHRURROZI, M.A. UNTUK MADRASAH ALIYAH KELAS XII (DITINJAU DARI KONSEP PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan pendidikan akan buku ajar yang baik dan sesuai dengan kurikulum saat ini. Pendekatan kontekstual yang merupakan ruh dari KTSP, seharusnya dipakai sebagai landasan untuk menyusun buku ajar yang baik. Oleh karena itu, buku ajar Al-‘Arabiyyatu Laka yang menyatakan bahwa penyusunannya dengan menggunakan pendekatan kontekstual, perlu dikaji kesesuaiannya dengan prinsip pendekatan kontektekstual itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian konsep penyusunan materi buku ajar Al-‘Arabiyyatu Laka untuk Madrasah Aliyah kelas XII karya Prof. Dr. A. Fahrurrozi, MA dengan konsep pembelajaran kontekstual. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan salah satu komponen pembelajaran yakni bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan sumber primernya yaitu buku ajar Al-‘Arabiyyatu Laka untuk Madrasah Aliyah kelas XII karya Prof. Dr. A. Fahrurrozi, MA. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, kemudian ditarik sebuah kesimpulan berdasarkan teori-teori yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi buku ajar Al-‘Arabiyyatu Laka kelas XII telah sesuai dengan konsep pembelajaran kontekstual, yaitu terlihat dari kesesuaian komponen-komponen yang ada di dalam buku ajar dengan prinsip-prinsip pendekatan kontekstual dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar Bahasa Arab, Pembelajaran Kontekstual, Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Feb 2024 13:55
Last Modified: 29 Feb 2024 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64188

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum