UPAYA MEMOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF KRICAAN SALAM MAGELANG

Zeni Lestari, NIM.: 08410251-E (2010) UPAYA MEMOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF KRICAAN SALAM MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MEMOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF KRICAAN SALAM MAGELANG)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MEMOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF KRICAAN SALAM MAGELANG)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini, Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah usaha yang diarahkan kepada pembentukan kepribadian anak yang sesuai dengan ajaran Islam. Prioritas pendidikan Agama Islam dalam upaya pembentukan kepribadian muslim sesungguhnya sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Luqman ayat 13. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang selama ini berlangsung agaknya terasa kurang terkait atau kurang concern terhadap persolan bagaimana mengubah pengetahuan agama yang bersifat kognitif menjadi ”makna” dan ”nilai” yang perlu diinternalisasikan dalam diri peserta didik, untuk selanjutnya menjadi sumber motivasi bagi peserta didik untuk bergerak, berbuat dan berperilaku secara konkrit agamis dalam kehidupan praktis sehari-hari. Proses untuk memotivasi peserta didik disini sangat penting. Artinya peserta didik tidak hanya mengetahui nilai-nilai ajaran Islam, akan tetapi memahami, mengamalkan dan mentaati ajaran dan nilai-nilai agama Islam tersebut. Dengan demikian maka tujuan Pendidikan Agama Islam dapat tercapai. Oleh karaena itu upaya berbagai lembaga pendidikan dalam memotivasi ajaran-ajaran agama terhadap anak didiknya dalam mewujudkannya dalam madrasah yang merupakan bagian lingkungan pendidikan itu sendiri. Karena proses pembelajaran itu tidak bisa dipisahkan dengan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran seperti guru, lingkungan, fasilitas dan materi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang sifatnya deskriptif, dengan mengambil latar MI Ma’arif Kricaan Salam Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Kricaan Salam Magelang antara lain: a). Persiapan mengajar, b). Metode dan strategi pembelajaran, dan c). Evaluasi. (2). Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Kricaan Salam Magelang dengan menggunakan: a). Motivasi dari luar, dan b). Motivasi dari dalam. (3). Upaya guru dalam memotivasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam antara lain: a). Teknik membangkitkan motivasi siswa, b). Bentuk-bentuk motivasi, c). Fungsi motivasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Motivasi Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Feb 2024 13:59
Last Modified: 29 Feb 2024 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64190

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum