PENGGUNAAN METODE SILABEL UNTUK MENANGANI ANAK BERKESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH KAHUMAN

Ashri Naili Rohmah, NIM.: 19104080090 (2023) PENGGUNAAN METODE SILABEL UNTUK MENANGANI ANAK BERKESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH KAHUMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN METODE SILABEL UNTUK MENANGANI ANAK BERKESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH KAHUMAN)
19104080090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN METODE SILABEL UNTUK MENANGANI ANAK BERKESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH KAHUMAN)
19104080090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Metode silabel dapat menangani kesulitan membaca permulaan dan memiliki keunggulan yakni penyajian tidak memakan waktu yang lama karena tidak mengeja huruf dan belajar mengenal huruf dengan mengurai suku kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan dan hasil penggunaan metode silabel untuk menangani anak berkesulitan membaca permulaan pada siswa kelas II MIM Kahuman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) atau penelitian subjek tunggal, desain yang digunakan adalah A-B-A’ yakni baseline 1, intervensi, dan baseline 2. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan kelas II MI Muhammadiyah Kahuman. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes membaca permulaan. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Penyajian hasil penelitian menggunakan grafik dan tabel. Hasil penelitian ini yakni penggunaan metode silabel dalam membaca permulaan memiliki 5 aspek yang perlu dilakukan, yakni antara lain: 1) Mengenal dan membaca huruf, 2) Membaca suku kata, 3) Membaca rangkaian suku kata, 4) Membaca bunyi sengau, 5) Membaca kata dan kalimat. Hasil penelitian terhadap kemampuan membaca permulaan selama dilakukannya fase intervensi menunjukkan peningkatan kemampuan siswa yang di buktikan melalui peningkatan perolehan skor mean level membaca permulaan subjek. Subjek mendapatkan mean level meningkat dari 32,6 pada kondisi baseline 1 (A) menjadi 71 pada saat fase intervensi (B) dan 78,3 pada saat fase baseline 2 (A’). Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode silabel dapat digunakan untuk menangani anak berkesulitan membaca permulaan ditunjukkan dengan perolehan skor membaca permulaan yang meningkat pada fase intervensi dan fase baseline 2 serta didukung rendahnyan presentase overlap. Presentase overlap antar kondisi baseline 1 dan kondisi intervensi yaitu 0% dan fase intervensi dengan kondisi baseline 2 juga sebesar 0%. Secara keseluruhan, metode silabel dapat digunakan dan berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa berkesulitan membaca permulaan di kelas II MI Muhammadiyah Kahuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fitri Yuliawati, S.Pd.Si., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: kesulitan membaca; membaca permulaan; metode silabel
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Feb 2024 14:42
Last Modified: 29 Feb 2024 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64195

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum