PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU QUICK RESPONSE CODE (QR-CODE) BAHASA INDONESIA MATERI CERITA FIKSI UNTUK KELAS IV SD/MI

Alfi Nurul Hikmah, NIM.: 17104080026 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU QUICK RESPONSE CODE (QR-CODE) BAHASA INDONESIA MATERI CERITA FIKSI UNTUK KELAS IV SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU QUICK RESPONSE CODE (QR-CODE) BAHASA INDONESIA MATERI CERITA FIKSI UNTUK KELAS IV SD/MI)
17104080026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU QUICK RESPONSE CODE (QR-CODE) BAHASA INDONESIA MATERI CERITA FIKSI UNTUK KELAS IV SD/MI)
17104080026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Materi cerita fiksi merupakan salah satu materi Bahasa Indonesia yang terdapat di kelas IV SD/MI. Dalam kegiatan belajar materi cerita fiksi siswa baik di sekolah dan di rumah belum ada media pembelajaran berbasis smartphone yang menunjang siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis smartphone berbentuk kartu QR-Code yang di dalamnya terdapat materi cerita fiksi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), dan Penyebaran (Dissemination). Instrument yang digunakan dalam pengambilan data adalah dengan menggunakan angket dengan skala Likert. Produk media akan diberi penilaian oleh ahli materi, ahli media, guru wali kelas IV SD/MI, dan respon dari peserta didik kelas IV SD/MI. Hasil dari penilaian dan uji coba media pembelajaran Kartu QR-Code Bahasa Indonesia materi cerita fiksi untuk kelas IV SD/MI ini berdasarkan ahli materi mendapatkan skor presentase 95,5%, ahli media mendapatkan skor 95%, tiga guru wali kelas IV SD/MI mendapatkan skor presentase 91,7%, dan respon dari 28 peserta didik kelas IV SD/MI mendapatkan skor presentase 97,1%. Dari seluruh hasil penilaian tersebut, maka produk media pembelajaran Kartu QR-Code Bahasa indonesia materi cerita fiksi untuk kelas IV SD/MI dapat dikategorikan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD/MI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Saidul Muzzaki, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: cerita fiksi; smartphone; QR-Code
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 01 Mar 2024 13:43
Last Modified: 01 Mar 2024 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64199

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum