HUBUNGAN KETELADANAN TOKOH IDOLA DENGAN AKHLAK TERPUJI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 BOBOTSARI PURBALINGGA

Miftahul Jannah, NIM.: 18104010043 (2022) HUBUNGAN KETELADANAN TOKOH IDOLA DENGAN AKHLAK TERPUJI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 BOBOTSARI PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KETELADANAN TOKOH IDOLA DENGAN AKHLAK TERPUJI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 BOBOTSARI PURBALINGGA)
18104010043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KETELADANAN TOKOH IDOLA DENGAN AKHLAK TERPUJI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 BOBOTSARI PURBALINGGA)
18104010043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertolak dari kesadaran mengenai pentingnya akhlak dalam Islam karena akhlak merupakan barometer keimanan seorang mukmin. Selain itu, akhlak terpuji menjadi penting karena dapat memengaruhi eksistensi suatu bangsa. Oleh karenanya, Akhlak terpuji penting untuk dimiliki oleh semua orang, tak terkecuali oleh para remaja muslim sebagai generasi penerus, sehingga akhlak menjadi salah satu unsur pokok dalam pendidikan Islam. Namun, dalam praktik pelaksanaannya, pendidikan akhlak di lembaga-lembaga pendidikan Islam, termasuk juga di SMA Muhammadiyah 2 Bobotsari Purbalingga masih menemui beragam permasalahan dan tantangan. Lalu, untuk mendapatkan solusi yang tepat dari pemasalahan tersebut, perlu diketahui terlebih dahulu fakor-faktor yang memengaruhi akhlak peserta didik. Keteladanan tokoh idola menjadi salah satu faktor yang memengaruhi akhlak peserta didik usia remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan akhlak terpuji siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bobotsari Purbalingga, (2) Mendeskripsikan keteladanan tokoh-tokoh yang diidolakan siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bobotsari Purbalingga, dan (3) Menguji secara empiris hubungan antara keteladanan tokoh idola dengan akhlak terpuji siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bobotsari Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Bobotsari Purbalingga yang berjumlah 115 siswa. Adapun mengenai teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Adapun kelas yang menjadi sampel yaitu kelas X-C dan X-D. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini adalah: (1) Rata-rata tingkat akhlak terpuji siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bobotsari Purbalingga secara umum berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 54,5%. (2) Rata-rata tingkat keteladanan tokoh idola siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bobotsari Purbalingga secara umum berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 61,8%. (3) Ada hubungan positif yang signifikan antara keteladanan tokoh idola dengan akhlak terpuji siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bobotsari Purbalingga, dengan nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi., M.A.
Uncontrolled Keywords: akhlak terpuji; teladan; tokoh idola
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Remaja
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 01 Mar 2024 13:58
Last Modified: 01 Mar 2024 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64200

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum