GAYA HIDUP MINIMALIS DALAM BUKU SENI MEMBUAT HIDUP JADI LEBIH RINGAN: SEDERHANA, DAMAI, BEBAS STRES KARYA FRANCINE JAY (Perspektif Tasawuf )

Dita Amelisa, NIM.: 18105010023 (2023) GAYA HIDUP MINIMALIS DALAM BUKU SENI MEMBUAT HIDUP JADI LEBIH RINGAN: SEDERHANA, DAMAI, BEBAS STRES KARYA FRANCINE JAY (Perspektif Tasawuf ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GAYA HIDUP MINIMALIS DALAM BUKU SENI MEMBUAT HIDUP JADI LEBIH RINGAN: SEDERHANA, DAMAI, BEBAS STRES KARYA FRANCINE JAY (Perspektif Tasawuf ))
18105010023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (GAYA HIDUP MINIMALIS DALAM BUKU SENI MEMBUAT HIDUP JADI LEBIH RINGAN: SEDERHANA, DAMAI, BEBAS STRES KARYA FRANCINE JAY (Perspektif Tasawuf ))
18105010023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kebahagiaan menjadi tujuan dari segala tindakan yang dilakukan oleh manusia. Kemajuan zaman menumbuhkan sisi kehidupan konsumtif yang mengorientasikan kebahagiaan pada benda. Namun, pada kenyataannya kebahagiaan yang bergantung pada benda perlahan menimbulkan permasalahan yang membebani. Belakangan ini, muncul tandingan model kehidupan baru yang berkebalikan dari gaya hidup konsumtif, yaitu hidup minimalis. Hidup minimalis diyakini dapat membawa kebahagian dengan prinsip menyederhanakan segala aspek. Dalam hal ini peneliti menemukan sebuah buku dengn tema minimalis, Seni Membuat Hidup Jadi Lebih Ringan: Sederhana, Damai, Bebas Stres karya Francine Jay, yang menuliskan falsafah hidup melalui ‘Hidup Ringan’ yang dihasilkan dari penerapan hidup minimalis. Berdasarkan persoalan tersebut, peneliti ingin mengetahui seperti apa gaya hidup minimalis dalam buku Seni Membuat Hidup Jadi Lebih Ringan: Sederhana, Damai, Bebas Stres karya Francine Jay serta bagaimana gaya hidup minimalis Francine Jay dalam persfektif tasawuf. Dengan demikian, tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui model kehidupan minimalis yang disampaikan oleh Francine Jay dalam buku Seni Membuat Hidup Jadi Lebih Ringan: Sederhana, Damai, Bebas Stres serta bagaimana jika ditinjau dalam persfektif tasawuf. Penelitian ini masuk pada rumpun penelitian kualitatif dan merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis yang bertujuan untuk menguraikan permasalahan dengan menggunakan metode analisis spekulatif. Terdapat dua sumber data dari penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Setelah data didapat, maka data akan diolah melalui metode Interpretasi-Analitik. Hal ini bertujuan untuk menemukan makna yang sesungguhnya ingin disampaikan Francine Jay dalam buku Seni Membuat Hidup Jadi Lebih Ringan: Sederhana, Damai, Bebas Stres dan analisis terhadap gaya hidup minimalis dalam buku tersebut dan jika ditinjau dari ajaran tasawuf. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minimalis yang dimaksud Francine Jay untuk mendapatkan perasaan ringan dapat dilakukan melalui berbenah, hidup berdampingan dengan alam, mereguk kehidupan, dan yang menjadi poin utamanya adalah hidup dengan kesadaran diri yang tinggi. Hidup dengan lebih berkesadaran bertujuan untuk dapat merasakan setiap aspek dalam hidup sehingga dapat menikmati dan merasa puas pada kehidupan yang dijalani. Sementara dalam persfektif tasawuf, minimalis Jay yang penuh kesadaran memuat beberapa poin, yaitu hidup dengan sedikit barang, merasa puas dan cukup, bersyukur, dan melakukan kebaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Fahruddin Faiz, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: gaya hidup; hidup minimalis; tasawuf; menahan diri
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah Filsafat (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Mar 2024 11:07
Last Modified: 01 Mar 2024 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64207

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum