IMPLEMENTASI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KELAS 3 DI MIM GANGGANG WERU SUKOHARJO JAWA TENGAH

Rohmatun Najah, NIM : 18104080024 (2022) IMPLEMENTASI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KELAS 3 DI MIM GANGGANG WERU SUKOHARJO JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KELAS 3 DI MIM GANGGANG WERU SUKOHARJO JAWA TENGAH)
18104080024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KELAS 3 DI MIM GANGGANG WERU SUKOHARJO JAWA TENGAH)
18104080024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan sebagai proses menghantarkan peserta didik ke arah yang lebih baik sesuai dengan tujuan pembelajarannya, namun kenyataannya masih ada kendala dan masalah. Diantara sekian banyak problematika yang terjadi salah satunya yaitu kurangnya kesadaran peserta didik terhadap karakter tanggung jawab yang harus ditunaikan sebagai wujud dari memiliki karakter yang baik. Salah satu misi MIM Ganggang Weru Sukoharjo yaitu berakhlak mulia, yang termasuk salah satu contoh akhlak mulia adalah tanggung jawab. Akan tetapi belum semua peserta didik memiliki karakter tanggung jawab. Oleh karena itu salah satu caranya melalui pembelajaran Akidah Akhlak yang merupakan mata pelajaran pada tingkat sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah untuk meningkatkan karakter tanggung jawab peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MIM Ganggang Weru Sukoharjo Jawa Tengah pada tahun ajaran 2021/2022. Subyek penelitian yaitu guru mata pelajaran Akidah Akhlak, wali kelas 3 dan perwakilan peserta didik kelas 3. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi mata pelajaran Akidah Akhlak di MIM Ganggang Weru Sukoharjo telah sesuai dengan RPP dan silabus yang berlaku. Guru mata pelajaran Akidah Akhlak menanamkan pentingnya kegiatan pembelajaran Akidah Akhlak untuk meningkatkan sikap tanggung jawab peserta didik . Misalnya saat pemberian tugas yang diberikan dari guru telah dikerjakan dengan baik oleh peserta didik serta dapat diukur melalui penilaian pada ranah afektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nur Hidayat, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: akidah akhlak; pembelajaran; pendidikan karakter; peserta didik
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 01 Mar 2024 13:55
Last Modified: 01 Mar 2024 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64210

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum