PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD TAHFIZH PLUS KHOIRU UMMAH SLEMAN

Intan Setia Namira, NIM.: 18104090004 (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD TAHFIZH PLUS KHOIRU UMMAH SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD TAHFIZH PLUS KHOIRU UMMAH SLEMAN)
18104090004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA SEKOLAHa DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD TAHFIZH PLUS KHOIRU UMMAH SLEMAN)
18104090004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kepala sekolah/madrasah memiliki standar kompentesi dalam memimpin. Peran kepemimpinan kepala sekolah dapat diwujudkan salah satunya dengan cara mengelola sumber daya manusia yang ada secara tepat dan menjalankan fungsi-fungsi manajemen secara optimal. Dengan begitu, Keberhasilan program pendidikan dapat diperoleh apabila peran kepemimpinan kepala sekolah mampu meningkatkan kinerja guru menjadi lebih berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah 2) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru 3) Faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Adapun penelitian ini mengunakan penelitian Kualitatif yang bersifat deskritif, dengan informa kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dalam mencapai keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah di SD Tahfizh Plus Khoiru Ummah adalah gaya kepemimpinan demokratis, dilihat dari ciri-ciri kepemimpinan yang ada. Kepemimpinan demokratis biasanya disegani namun tidak ditakuti, proses pengambilan keputusan akan melibatkan semua peran bawahan agar setiap individu mempunyai rasa tanggungjawab yang tinggi dalam pelaksanaan tugas. 2) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Tahfizh Khoiru Ummah dalam menjalankan kepemimpinan diantaranya kepala sekolah sebagai edukator (pendidik), kepala sekolah sebagai manajer, kepala sekolah sebagai supervisor, kepala sekolah sebagai leader (pemimpin), kepala sekolah sebagai inovator dan kepala sekolah sebagai motivator. 3) Faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Faktor Pendukungnya adalah peran kepala sekolah sebagai edukator, supervisor, leader, dan motivator. Faktor penghambatnya adalah peran kepala sekolah sebagai manajer dan peran kepala sekolah sebagai inovator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Irwanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: kinerja guru;gaya kepemimpinan; kepala sekolah
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Gaya Kepemimpinan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 04 Mar 2024 10:39
Last Modified: 04 Mar 2024 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64211

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum