INTEGRASI KURIKULUM SEKOLAH DENGAN KURIKULUM PESANTREN DI SMP SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA

Malicha Zahrotunnisa, NIM.: 18104090023 (2022) INTEGRASI KURIKULUM SEKOLAH DENGAN KURIKULUM PESANTREN DI SMP SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI KURIKULUM SEKOLAH DENGAN KURIKULUM PESANTREN DI SMP SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
18104090023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI KURIKULUM SEKOLAH DENGAN KURIKULUM PESANTREN DI SMP SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
18104090023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti terhadap dikotomi ilmu pengetahuan umum dengan ilmu pengetahuan agama, dimana model pendidikannya menggabungkan antara kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren. Dimana Pondok pesantren yang hanya dikenal sebagai lembaga penyelenggara pendidikan agama. Namun, belakangan ini sudah banyak pesantren yang mulai berkembang bahkan mendirikan lembaga pendidikan formal di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya integrasi kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren di SMP Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi yang digunakan sebagai metode penelitiannya. Sementara itu dalam proses menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman yang terdiri dar tiga aktivitas analisis data, yaitu: reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan integrasi kurikulum di SMP Sains Al-Qur’an merupakan perpaduan dari kurikulum nasional dengan kurikulum pesantren. Dalam hal ini menggabungkan antara kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren pada proses pembelajarannya serta mata pelajarannya. (2) Penerapan kurikulum di SMP Sains dalam pembelajarannya bukan hanya kurikulum tunggal dari kemdikbud saja, namun juga memiliki kurikulum pesantren. SMP Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim memiliki beberapa program unggulan, dan inilah yang menjadi ciri khas pembeda antara SMP Sains dengan SMP lainnya. (3) integrasi kurikulum pada metode pembelajaran diimplementasikan dengan sistem pembelajaran yang klasikal, diantaranya yaitu sorogan, bandongan dan Project Based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Wiji Hidayati M.Ag,
Uncontrolled Keywords: kurikulum; pesantren; prestasi sekolah
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 04 Mar 2024 10:47
Last Modified: 04 Mar 2024 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64212

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum