PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA/MA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

Eska Khikmatuz Zahro, NIM.: 18106090046 (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA/MA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA/MA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI)
18106090046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA/MA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI)
18106090046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Menghasilkan modul pembelajaran fisika berbasis pendekatan saintifik untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa SMA/MA pada materi gelombang bunyi, 2) Mengetahui kualitas modul pembelajaran fisika berbasis pendekatan saintifik untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa SMA/MA pada materi gelombang bunyi berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru fisika, 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis pendekatan saintifik untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa sma/ma pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dibatasi hingga tahap Development yaitu pada uji coba terbatas. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini antara lain lembar validasi, lembar penilaian, dan lembar angket respon peserta didik. Pada tahap validasi menggunakan lembar validasi berupa kritik dan saran, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Pada tahap penilaian, teknik analisis data menggunakan skala likert dengan 4 skala penilaian berupa SB (Sangat Baik), B (Baik), TB (Tidak Baik), STB (Sangat Tidak Baik). Sedangkan respon peserta didik menggunakan skala guttman dengan 2 skala yaitu berupa pernyataan “setuju” dan “tidak setuju”. Penilaian kualitas modul dan angket respon disajikan dalam bentuk checklist. Hasil penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan modul pembelajaran fisika berbasis pendekatan saintifik untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa SMA/MA pada materi gelombang bunyi, (2) Kualitas modul yang telah dikembangkan menurut ahli materi, ahli media, dan guru fisika adalah sangat baik (SB) dengan keseluruhan rerata skor masing-masing adalah 3,41; 3,47; dan 3,77. (3) Respon peserta didik terhadap modul yang dikembangkan secara keseluruhan mendapatkan hasil setuju (S). Rerata skor yang didapatkan pada uji coba terbatas adalah 0,93. Dengan demikian pengembangan modul fisika berbasis pendekatan saintifik layak digunakan dalam pembelajaran dengan kualitas yang sangat baik. Kelebihan dari modul yang dikembangkan adalah menyajikan sintaks pendekatan saintifik dalam berbagai kegiatan dan contoh aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu indikator berpikir kritis disajikan secara tersirat melalui berbagai kolom kegiatan dengan tujuan tidak membebani peserta didik dalam memahami materi dalam modul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Winarti, M.Pd, Si.
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis; pembelajaran fisika; saintifik
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 04 Mar 2024 10:52
Last Modified: 04 Mar 2024 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64217

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum